Evaluasi Postur Kerja Operator Pada Lini Perakitan Industri Furnitur

Nicolas Hutasoit, Galih Prakoso, Zain Amarta

Abstract


PT. Philnesia International Semarang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Indoor dan Outdoor Furniture Manufacturer dengan jenis industri (KLUI) mebel dari kayu. Salah satu proses produksi di PT. Philnesia International Semarang yang masih bersifat manual adalah proses perakitan (assembling). Pekerja mengeluhkan rasa sakit dan kelelahan pada bagian tubuh. Penelitian tentang analisis postur kerja pada proses perakitan dilakukan agar pekerja tidak mengalami rasa sakit dan kelelahan. Penelitian dilakukan dengan metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai postur kerja pada proses perakitan di PT. Philnesia International Semarang dengan metode REBA dan RULA adalah 6 Nilai tersebut menunjukkan bahwa postur kerja harus segera diperbaiki dan dilakukan perancangan fasilitas yang mendukung kenyamanan pekerjaan.


Keywords


Penilaian pekerja, REBA, RULA, proses perakitan

Full Text:

PDF

References


Briansah, A.O. 2018. Analisa Postur Kerja yang Terjadi untuk Aktivitas dalam Proyek Konstruksi Bangunan dengan Metode RULA di CV. Basani. Tugas Akhir. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Hignett, S., & McAtamney, L. (2000). Rapid entire body assessment (REBA). Applied ergonomics, 31(2), 201-205.

Mayasari, D. 2008. Analisis Perbaikan Fasilitas Kerja di Bagian Pengolahan Susu Sapi Murni di Perusahaan Susu Sapi Mulia - Sidoarjo. Tugas Akhir. Universitas Surabaya, Surabaya.

McAtamney, L., & Corlett, N. (2004). Rapid upper limb assessment (RULA). In Handbook of human factors and ergonomics methods (pp. 86-96). CRC Press.

Yuliani, E. N. S., Prakoso, G., Iridiastadi, H., & Adiatmika, I. P. G. (2020). Evaluation to Reduce Occupational Risk In Excavator Manufacturing. Journal of a Sustainable Global South, 4(1), 23.

Setiowati, D. 2010. Analisis Kelelahan Kerja dengan Metode REBA (Rapid Entire Body Assessment) pada Terminal Cargo Polonia Medan. Tugas Akhir. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sulaiman, F. dan Sari Y.P. 2016. Analisis Postur Kerja Pekerja Proses Pengesahan Batu Akik Dengan Menggunakan Metode REBA. Jurnal Teknovasi. Vol 3 (1): 16-25.

Wahyuniardi, R. dan Reyhanandar, D.M. 2018. Penilaian Postur Operator dan Perbaikan Sistem Kerja dengan Metode RULA dan REBA. Jurnal Teknik Industri. Vol 13 (1): 45-50.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/jie.v9i1.4186

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33021/jie.v9i1.4186.g1937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in this journal have been indexed in major research databases, including:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.