MENCAPAI KEBERLANJUTAN KEUANGAN PERGURUAN TINGGI SWASTA UNTUK MUTU YANG LEBIH BAIK

Sandy Darmowinoto

Abstract


Perguruan Tinggi di Indonesia baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dituntut untuk memberikan pelayanan pendidikan tinggi yang bermutu. Hal ini tentu saja dilatarbelakangi tantangan-tantangan yang dihadapi oleh Indonesia yaitu mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Pembuktian akan mutu perguruan tinggi ini dilakukan dalam proses Akreditasi di level Perguruan Tinggi dan level Program Studi yang bertujuan mengecek kemampuan perguruan tinggi dalam mencapai dan melampaui Standar Nasional Perguruan Tinggi (SN DIKTI) yang tertuang dalam Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 dan revisinya Permenristekdikti Nomor 50 tahun 2018. Berbagai jenis tuntutan bagi Perguruan Tinggi ini berpengaruh pada kesehatan keuangan PTS yang harus mencukupi kebutuhannya sendiri melalui sumber dana yang harus diusahakan sendiri pula. Kesulitan keuangan akan membatasi ruang gerak PTS dalam menyeimbangkan antara mutu pendidikan tinggi dan kesehatan keuangan.

Full Text:

PDF

References


Al Kharusi, S., & Murthy Y., S. 2017. Financial sustainability of private higher education institutions: the case of publicly traded educational institutions. Investment Management and Financial Innovations, 25-38.

Asian Development Bank. 2012. Private Higher Education Across Asia: Expanding Access, Searching for Quality. Manila: ADB.

Savitskaya, G. 2004. Economic Analysis. Moscow: Novoje znanije.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.