Pengaruh Peraturan Perpajakan, Sosialisasi, dan Kepercayaan atas Sistem Perpajakan terhadap Kemauan Pelaksanaan Tax Amnesty (Studi Empiris Wajib Pajak Orang Pribadi di Kabupaten Bekasi)

Kristina Sepma Sipahutar, Whereson Siringoringo

Abstract


Pelaksanaan tax amnesty merupakan salah satu cara yang diterapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan penerimaan perpajakan serta untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak, dimana wajib pajak agar mau melakukan pengungkapan harta dan membayar tebusan atas harta yang selama ini belum dilaporkan oleh wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peraturan perpajakan, sosialisasi perpajakan, kepercayaan kepada sistem perpajakan terhadap kemauan wajib pajak dalam melaksanakan tax amnesty. Penelitian ini menjadikan Wajib Pajak Orang Pribadi yang berada di Kabupaten Bekasi sebagai objek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner terhadap 110 sampel yang menjadi responden dengan pendekatan non probability sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel peraturan perpajakan memiliki pengaruh yang positif terhadap kemauan wajib pajak dalam melaksanakan tax amnesty, variabel sosialisasi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kemauan wajib pajak dalam melaksanakan tax amnesty, dan variabel kepercayaan terhadap sistem perpajakan memiliki pengaruh yang positif terhadap kemauan wajib pajak dalam melaksanakan tax amnesty.

Keywords


tax amnesty; peraturan perpajakan; sosialisasi perpajakan; kepercayaan terhadap sistem perpajakan

Full Text:

PDF

References


Arfan: Lubis, I. (2011). Akuntansi Keperilakuan. Jakarta: Salemba Empat.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanti, F. (2017, February 23). 2-juta-wp-tak-lapor-pajak-benar-hanya-659-ribu-ikut-tax-amnesty. Diambil kembali dari Liputan 6: https://www.liputan6.com

Awlia, K. M., & Siringoringo, W. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Penerapan Perppu Nomor 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Wajib Pajak Orang Pribadi di Cikarang Utara). JAAF (Journal of Applied Accounting and Finance), 13-26.

Dwijayanti, Y., & Hamidah. (2017). Niat dan Perilaku Wajib Pajak Orang Pribadi Mengikuti Program Tax Amnesty (Studi Fenomenologi). Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 11-15.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit universitas Diponegoro.

Hardiningsih, P., & Yulianawati, N. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Dinamika Keuangan dan Perbankan, 126-142.

Huslin, D., & Ngadiman. (2015). Pengaruh Sunset policy, Tax Amnesty, dan Sanksi PajakTerhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris di Kantor Pelayanan Pajak Pratama. Jurnal Akuntansi, 225-241.

Rachman, F. F. (2017, Mei 5). Dana Repatriasi Tax Amnesty Dipakai untuk Apa? Ini Kata Pengusaha. Diambil kembali dari https://finance.detik.com/: https://finance.detik.com

Rahayu, P. A. (2016). Pengaruh Sosialisasi Peraturan Perpajakan, Pelayananan Account Representative, dan Pemeriksaan PPN LB Restitusi Setelah Modernisasi Terhadap Kepuasan. Jurnal Akuntansi, 175-202.

Rantung, T. A. (2009). Dampak Sunset Policy Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang pribadi Pelaku Usaha di Wilayah KPP Pratama Salatiga).

Robbins, S. P., & Timothy, A. (2015). Organizational behaviour. State America: Pearson.

Sarjono, H., & Julianita, W. (2012). SPSS VS LISREL: Sebuah pengantar, Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sekaran, U. (2006). Research Method for Business. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Trisnasari, A. S., Edy, S., & Trisna, H. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kemauan Wajib Pajak dalam Mengikuti Program Tax Amnesty. e Journal S1 Ak universitas Pendidikan Ganesha, 1-11.

Yani, N. K., & Noviari, N. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemauan Wajib Pajak Menjadi Peserta Amnesti Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 585-614.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/jaaf.v3i2.939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Mailing Address

Jl. Ki Hajar Dewantara, Kota Jababeka, Cikarang Baru, Bekasi 17550 - Indonesia

Mail Address

jaaf@president.ac.id

 

ISSN 2580-1791 (Print)

ISSN 2615-8051 (Online)

View My Stats

flag

 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

JAAF (Journal of Applied Accounting and Finance) is indexed in: