Analisis Faktor-Faktor Yang Mereflesikan Mahasiswa dan Alumni Universitas Ciputra Non-Guild Family Business Untuk Melanjutkan Bisnis Keluarga

Junko Alessandro Effendy, Albert Nathan

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena peneliti meihat fenomena bahwa banyak mahasiswa tingkat akhir dan juga alumni dari Universitas Ciputra yang tidak mengambil guild family business tetap melanjutkan bisnis keluarga. Peneliti menggunakan enam variabel yang diperkirakan merupakan faktor faktor yang merefleksikan minat untuk melanjutkan bisnis keluarga pada mahasiswa dan alumni non guild family business. Variabel variabel tersebut adalah keluarga besar, pola asuh orang tua, tanggung jawab, komitmen, teman sebaya dan kompetensi. Penelitian ini dilaksanakan secara kuantitatif yaitu dengan analisis faktor. Metode pengambilan data yaitu dengan cara membagikan kuesioner kepada 97 responden yang sesuai kriteria. Hasil dari penelitian ini adalah dari keenam variabel yang digunakan, variabel teman sebaya tidak merefleksikan sebagai faktor yang tepat dalam penelitian ini. Sedangkan variabel sisanya yaitu tanggung jawab, komitmen, pola asuh orang tua, kompetensi dan keluarga besar merupakan faktor yang merefleksikan minat melanjutkan bisnis keluarga pada mahasiswa dan alumni non guild family business.


Keywords


family business, komitmen, tanggung jawab, pola asuh orang tua, kompetensi

Full Text:

PDF

References


APRILIANA, Q. R. (2018). PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MELALUI BONEKA JARI TERHADAP RASA TANGGUNG JAWAB ANAK PADA KELOMPOK B di TK AISIYAH BUSTHANUL ATHFAL KAUMAN TULUNGAGUNG.

Bala, M. E., Senduk, J., & Boham, A. (2015). Peran Komunikasi Keluarga Dalam Mencegah Perilaku Merokok Bagi Remaja Di Kelurahan Winangun Kecamatan Malalayang Kota Manado. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3).

Effendy, J. A. (2017). Peran Mentor untuk Menjaga Keberlangsungan Bisnis Mahasiswa Universitas Ciputra.

Effendy, J. A. (2017). The Roles of Mentor to Maintain The Ciputra University Students Business Sustainability. Review of Management and Entrepreneurship, 1(2), 11-18

Fortuna, K. Z. (2020). Pengaruh Pendelegasian Wewenang Dan Komitmen Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Bojonagara (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Garcia, P. R. J. M., Sharma, P., De Massis, A., Wright, M., & Scholes, L. (2019). Perceived parental behaviors and next-generation engagement in family firms: A social cognitive perspective. Entrepreneurship Theory and Practice, 43(2), 224-243

Intannia, R., Dahlan, T. H., & Damaianti, L. F. (2020). LINGKUNGAN KELUARGA, TEKANAN TEMAN SEBAYA DAN PERILAKU BERISIKO REMAJA DI KOTA BANDUNG. Journal of

Psychological Science and Profession, 4(2), 97-105.

Kohar, F. Y. (2017). HUBUNGAN RASA TANGGUNG JAWAB DENGAN PROKRASTINASI PADA

MAHASISWA YANG SEDANG MENYELESAIKAN SKRIPSI (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

McCarthy, J. R., Edwards, R., & Gillies, V. (2017). Making families: Moral tales of parenting and step-parenting.

Routledge-Cavendish.

Maryuliana, M., Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. TRANSISTOR Elektro dan Informatika, 1(1), 1-12.

Mulyasari, I. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional dan kompetensi terhadap kinerja pegawai. Journal of Management Review, 2(2), 190-197.

Ruli, E. (2020). TUGAS DAN PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDK ANAK. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(2), 143-146

Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kenakalan Remaja. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1), 23-29.

Tulak, H., & Salo, E. S. (2019). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. Elementary Journal, 1(2), 1-11.

Wijaya, C. T. (2014). Faktor-Faktor Motivasional yang Mengklasifikasi Keterlibatan Mahasiswa dalam Mengambil Peran pada Bisnis Keluarganya. Agora, 2(2), 743-748.

Wahyu, W., & Salam, R. (2020). KOMITMEN ORGANISASI (Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia).

Yanti, Y., & Marimin, M. (2017). PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN TEMAN

SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329- 3




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/firm.v7i1.1577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in FIRM: Journal of Management Studieshave been indexed in major research databases, including:


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.