PERAN YOUTUBE DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE BAGI PENGGUNA APLIKASI GO-JEK (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PERAN YOUTUBE DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE BAGI PENGGUNA APLIKASI GO-JEK TENTANG IKLAN PROMO GOJEK VERSI KAMU)

Rr Dinar Soelistyowati

Abstract


ABSTRAK. Transportasi merupakan salah satu hal penting yang telah melekat dalam kehidupan manusia. Beragam jenis transportasi, baik itu transportasi umum atau pribadi, roda dua atau roda empat, semua berbaur dalam satu jalanan yang sama dalam mencapai tujuannya masing-masing. Hal ini pula yang pada akhirnya sering membuat kemacetan di jalanan ibu kota. Situasi inilah yang mendasari PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa untuk menciptakan sebuah inovasi dalam sistem transportasi yaitu Go-jek. Go-jek hadir sebagai salah satu solusi dalam mengurangi tingkat kemacetan ibu kota sekaligus membantu memperbaiki taraf hidup para pengendara Go-jek itu sendiri. Beragam inovasi telah diperkenalkan kepada khalayak, salah satunya adalah “Go-jek Versi Kamu” yang dipromosikan melalui jejaring sosial Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan gambaran secara garis besar mengenai promo “Go-jek Versi Kamu” serta bagaimana proses strategi komunikasi pemasaran dari promosi yang dilakukan oleh PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa. Penelitian ini sendiri menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik studi kepustakaan dan studi inkuiri. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa inovasi yang ditunjukkan pada promo “Go-jek Versi Kamu” melalui jejaring sosial Youtube dapat menjadi top of mind bagi setiap konsumennya dalam menggunakan jasa transportasi online. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah inovasi yang ditunjukkan oleh PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa melalui jejaring sosial Youtube dengan memanfaatkan fitur layanan aplikasi Go-jek dapat dijadikan sebagai modal awal dalam membangun brand image terhadap konsumennya.

Kata Kunci: Transportasi, PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa, Go-jek, Go-jek Versi Kamu, Komunikasi Pemasaran


Full Text:

PDF

References


Amanda, A. &. (2018). Pengaruh Sharing Economy, Sistem Bagi Hasil, dan Flextime terhadap Intensi Pengemudi Go-Jek Jakarta Pusat dengan Efektivitas sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Pengemudi Go-Jek Jakarta Pusat). E-Journal Undip.

Ardianto, E. L. (2007). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Armstrong, G. &. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1 (Vol. I). (A. Sundoro, Trans.) Jakarta: Prenhalindo.

Armstrong, G. &. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2. (A. Sindoro, Trans.) Jakarta: Indeks.

APJII. (2018, Maret). Content. Retrieved Agustus 2018, from Buletin APJII Edisi 22 - Maret 2018: https://apjii.or.id/content/read/104/348/BULETIN-APJII-EDISI-22---Maret-2018

Creeber, G. &. (2009). Digital Cultures: Understanding New Media. New York: Open University Press, McGraw Hill Education.

Chan-Olmsted, S. C. (2013). User Perceptions of Soical Media: A Comparative Study of Perceived Characteristics and User Profiles by Social Media. Online Journal of Commmunication and Media Technologies, III(4), 178.

Chrismardani, Y. (2014, Desember). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Implementasi untuk UMKM. NeO-Bis, 8, 178.

Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

David, E. M. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna, VI, 7.

Irbah, H. Y. (2015, Desember). Strategi Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Band Indie Mustache And Beard. E-Proceeding of Management, 3.

Juditha, C. (2011, Juni). Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook terhadap Perilaku Remaja di Kota Makassar. Jurnal Penelitian IPTEK-KOM, XIII(1).

Lazarsfeld, P. F. (1944). The People's Choice. APA PsycNet.

Widyaningrum, P. W. (2016, Desember). Peran Media Sosial sebaga Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Miyu Aiko Malang. Al--Tisarah, II(2), 236.

Lievrouw, L. (2011). Alternative and Activist New Media. Malden: MA-Polity Press.

Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasution. (1992). Hubungan Masyarakat Suatu Komunikologis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nurudin. (2015). Pengantar Komunikasi Massa (1st ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada (Rajawali Press).

PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa. (2010). About. Retrieved Agustus 14, 2018, from Situs Resmi Go-Jek: https://www.go-jek.com/about/

PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa. (2018). Blog. Retrieved Agustus 4, 2018, from Aplikasi Go-Jek Jadi Lebih Kamu Banget di Versi terbaru: https://www.go-jek.com/blog/aplikasi-go-jek-jadi-lebih-kamu-banget-di-versi-terbaru

Rahmadi, B. (2003). Computer Forensic: Apa dan Bagaimana. Institut Teknologi Bandung, Magister Teknik Elektro Option Teknologi Informasi. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Rahmawati, D. (2016). Pemilihan dan Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @FreezyBrowniezz). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Sinaga, Y. (2016). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan pada Go-Jek Indonesia ( Jabodetabek, Bandung, Bali, Makassar, dan Surabaya). Bandung: Universitas Telkom.

Soelistyowati, D. (2018). Dinamika Komunikasi Kelompok Posdaya dalam Meningkatkan Kemandirian Masyarakat Kelurahan Pengasinan Kecamatan Rawalumbu Bekasi. Universitas Sahid, Magister Ilmu Komunikasi. Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


President University Communication Studies

Jalan Ki Hajar Dewantara Jababeka, Cikarang, Bekasi 17550

Ph. (021) 8910 9762-63; Fax (021) 8910 9768; E-mail: shihab@president.ac.id