30 Tahun Perayaan Nike Gandeng Atlet Kontroversial NFL#BoycottNike #JustBurnIt Menjadi Trend Di Sosial Media (Analisis Krisis Komunikasi)

Kezia Sinta Sharon Ngongoloy

Abstract


ABSTRAK. Penulisan karya tulis ini akan membahas mengenai kontroversi yang menimpa perusahaan ternama yang memproduksi sepatu olahrga yang dikenal dengan merek Nike akan kampanyenya yang di khususkan untuk merayakan 30 tahun perjalanan mereka. Isu tersebut adalah kerja sama yang dilakukan Nike dengan mantan atlet baseball Nick Kaepernick dalam peluncuran iklan terbaru mereka yang berjudul  “dream crazy”. Kontroversi terjadi  dikarenakan Colin Kaepernick dinilai memiliki reputasi yang tidak terlalu baik dikarenakan aksi protesnya terhadap pemerintah ditahun 2016, karena aksi protesnya ini Colin Kaepernick dicap sebagai atlit yang tidak memiliki jiwa nasionalisme, beberapa konsumen pun menilai Nike mulai mencampuradukan urusan olahraga dengan politik. Penulisan karya tulis ini nantinya ditujukan untuk menganalisi isu terkait dari dua sudut pandang yaitu melalui sudut pandang Nike dan sudut pandang pro dan kontra dari konsumen Nike. Serta analisis dari munculnya hashtag #BoycottNike #JustBurnIt. Selain itu penulis juga akan menjelaskan bagaimana Nike menanggapi isu tersebut, bagaimana perusahaan besar ini membangun reputasi dan loyalitas konsumen mereka. Dalam menganalis isu tersebut peneliti akan menyangkutkan penganalisan dengan strategi krisis komunikasi yang dipilih oleh Nike.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


President University Communication Studies

Jalan Ki Hajar Dewantara Jababeka, Cikarang, Bekasi 17550

Ph. (021) 8910 9762-63; Fax (021) 8910 9768; E-mail: shihab@president.ac.id