PENGGUNAAN OLAHRAGA SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK JOKOWI

Salim Alatas

Abstract


ABSTRAK. Olahrga dan politik adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Para politisi dan calon pejabat publik cenderung menggunakan olahraga untuk kepentingan komunikasi politik mereka. Para calon pejabat publik berharap dapat terhubung dan terlibat dengan calon pemilih, salah satunya adalah dengan menunjukkan diri mereka terlibat dan memiliki pengetahuan tentang olahraga. Seperti yang dilakukan Presiden Jokowi dengan memanfaatkan olahraga untuk kepentingan komunikasi politiknya. Penelitian ini ingin melihat secara lebih luas bagaimana penggunaan strategi kampanye presiden Jokowi secara lebih luas. Dengan demikian, masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah Jokowi memanfaatkan olahraga sebagai bagian dari strategi komunikasi politik, serta dari strategi tersebut pesan-pesan apakah yang ingin disampikan kepada – khususnya – pencinta olahraga dan kaum muda mengenai image Jokowi. Penelitian ini juga ingin melihat lebih jauh bagaimana citra dan substansi yang ditampilkan dalam komunikasi politik Jokowi terutama dalam konteks pemanfaatan olahraga, terutama mengenai wacana publik yang ingin disampaikan melalui olahraga. Pendekatan penelitian ini adalah Kualitatif dan tipe penelitian ini bersifat deskriptif. Dengan melakukan penelusuran kepustakaan (library research), penelitian ini ingin memberikan deskripsi atau gambaran tentang fenomena pemanfaatan olahraga sebagai strategi komunikasi politik Jokowi. Secara spesifik penelitian ini juga ingin mendeskripsikan bagaimana hubungan olahraga dengan politik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Jokowi cukup aktif dalam memanfaatkan olahraga sebagai bagian dari komunikasi politik. Setidaknya ada 4 strategi yang digunakan oleh Jokowi dan tim kampanyenya dalam menggunakan olahraga sebagai komunikasi politik, yaitu : melalui kebijakan-kebijakan (public policy) untuk meningkatkan prestasi olahraga, melalui pertandingan olahraga, mengenakan fashion olahraga dan menampilkan aktifitas olahraga.

Kata Kunci : olahraga, komunikasi politik, pesan politik.

Full Text:

PDF

References


Curry, Alexander Lawrence (2012). The Intersection of Politics and Sports. Tesis pada Brigham Young University. Didownload dari https://scholarsarchive.byu.edu/etd

Foster, Steven (2010). Political Communication. Edinburgh : Edinburgh University Press Ltd.

Hamad, Ibnu (2004). Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa (Studi Pesan Politik dalam Media Cetak pada Masa Pemilu 1999). HUMANIORA, Vol. 8, No. 1, April 2004

Hidayat, Dedy Nur (2004). Amerikanisasi Industri Kampanye Pemilu dalam HCB darmawan (ed). Siapa Mau Jadi Presiden?; Debat Publik Seputar Program dan Partai Politik pada Pemilu 2014. Jakarta : Penerbit Kompas

Junaedi, Fajar (2011). Sepakbola sebagai Media Komunikasi Politik. Dalam Heri Budianto (ed). Media dan Komunikasi Politik. Jakarta : Puskombis dan Aspikom

Louw, Eric (2005). The Media and Political Process. London : Sage Publication

Mc.Nair, Brian (2011). An Introduction to Political Communication. London and New York : Routledge.

Pawito. 2009. Komunikasi Politik: Media Massa dan Kampanye Pemilihan. Yogyakarta: Jalasutra.

Rowe, David (2004). Sport, Culture and The Media.UK : Open University Press

Sandvoss, Cornel (2007). Public Sphere and Publicness: Sport Audiences and Political Discourse. Dalam Richard Butsch (ed). Media and Public Spheres. New York : Palgrave Macmillan

Saraf, M. J (1977). Semiotic Signs in Sports Activity. International Review for the Sociology of Sport


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


President University Communication Studies

Jalan Ki Hajar Dewantara Jababeka, Cikarang, Bekasi 17550

Ph. (021) 8910 9762-63; Fax (021) 8910 9768; E-mail: shihab@president.ac.id