Pengenalan Chatbot Kecerdasan Buatan Menggunakan Dialogflow untuk Siswa Sekolah Menengah Atas

Edwin Setiawan Nugraha

Abstract


Pada era digital ini, perkembangan teknologi kecerdasan buatan terjadi dengan sangat cepat. Teknologi ini memungkinkan robot untuk melakukan tugas yang membutuhkan proses intelektual. Salah satu contoh robot cerdas adalah chatbot yang berbasis natural language processing (NLP). Robot ini bermanfaat untuk menjawab pertanyaan pengguna akhir. Di masa depan, kebutuhan akan pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi dan kecerdasan buatan akan terus meningkat. Untuk memenuhi permintaan tersebut, maka penting bagi siswa sekolah menengah atas (SMA) untuk memahami cara melatih chatbot AI. Kegiatan pengabdian ini mempersiapkan siswa/i dengan dasar-dasar tentang kecerdasan buatan dan chatbot, serta meningkatkan minat mereka untuk mempelajari AI secara lebih mendalam. Kegiatan seminar dan workshop diselenggarakan pada tanggal 22 Juli 2024 di SMA Santo Leo III telah berhasil melibatkan 45 siswa/i dalam kegiatan selama empat jam. Dalam seminar, peserta dijelaskan mengenai kecerdasan buatan, dan dalam workshop, peserta diberikan kesempatan untuk membuat chatbot sederhana menggunakan Google Dialogflow. Evaluasi keberhasilan kegiatan dilakukan melalui pre-test dan post-test yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata mengalami peningkatan sekitar 4,6%. Selain itu, kesan dan pesan yang diberikan oleh siswa/i menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan mereka tentang kemajuan teknologi, khususnya kecerdasan buatan dan chatbot.


References


Abbasi, S., & Kazi, H. (2014). Measuring effectiveness of learning chatbot systems on Student menits learning outcome and memory retention. Asian Journal of Applied Science and Engineering, 3(7), 57-66.

Andrade, C. (2020, July). Understanding the Difference Between Standard Deviation and Standard Error of the Mean, and Knowing When to Use Which. Indian Journal of Psychological Medicine, 42(4), 409-410. https://doi.org/10.1177/0253717620933419

Bialkova, S. (2024). In The Rise of AI User Applications: Chatbots Integration Foundations and Trends. Springer.

Chen, X., Xie, H., Zou, D., & Hwang, G.-J. (2020). Application and theory gaps during the rise of Artificial Intelligence in Education. Computers and Education: Artificial Intelligence, 1. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2020.100002

Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Deep Learning. MIT Press.

Google. (n.d.). Dialogflow ES basics. Google Cloud. Diambil 20 Juni 2024, dari https://cloud.google.com/dialogflow/es/docs/basics

Haristiani, N. (2019). Artificial Intelligence (AI) Chatbot as Language Learning Medium: An inquiry. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 12-20. doi:10.1088/1742-6596/1387/1/012020

Hiremath, G. (2018). Chatbot for education system. International Journal of Advance Research, Ideas and Innovations in Technology, 4(3), 37-43.

Sabharwal, N., & Agrawal, A. (2020). Introduction to Google Dialogflow. Cognitive Virtual Assistants Using Google Dialogflow, 13-54.

Yin, J., Goh, T.-T., Yang, B., & Yang, X. (2021). Conversation Technology With Micro-Learning: The Impact of Chatbot-Based Learning on Students menit Learning Motivation and Performance. Journal of Educational Computing Research, 59(1), 154-177. https://doi.org/10.1177/0735633120952067




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/aia.v6i1.5571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Edwin Setiawan Nugraha


Articles in this journal have been indexed in major research databases, including:


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.