Optimasi Penjadwalan Kerja Tenaga Penjual di Toko Ritel Menggunakan Programa Linier

Elkana Timotius, Monica Nathania Utama, Lianching Christiane Nasali, Felicia Natalie Wangsa, Sani Susanto

Abstract


Tuntutan konsumen yang semakin tinggi, pilihan produk yang semakin beragam, dan jalur distribusi yang semakin kompleks menjadi tantangan bagi industri ritel untuk bertumbuh dan bertahan. Kualitas layanan menjadi kunci untuk memenangkan persaingan di toko fisik. Keterbatasan sumber daya dan margin keuntungan harus dikelola secara optimal dengan mengefisiensikan biaya operasional dan mengefektifkan layanan yang diberikan. Studi ini dilakukan di sebuah jaringan toko ritel sepeda “Rodalink” yang berlokasi di Bandung. Ketersediaan layanan diukur dari bulan Agustus hingga Desember 2021. Pengamatan menemukan pola dinamis pada tingkat kunjungan konsumen untuk setiap hari di setiap rentang waktunya. Kondisi empiris tersebut mendorong perlunya pengaturan ulang jadwal kerja tenaga penjual agar dapat menghasilkan ketersediaan layanan paling optimal. Setiap konsumen harus dapat dilayani setidaknya oleh seorang tenaga penjual. Programa linier diterapkan dengan fungsi objektif berupa persamaan yang meminimasi biaya tenaga kerja serta kendala fungsionalnya adalah banyaknya konsumen yang berkunjung dan jam kerja karyawan. Hasil iterasi merekomendasikan penambahan 2 orang tenaga penjual agar dapat mencapai standar kualitas layanan yang diinginkan. Tingginya tingkat kunjungan konsumen di hari tertentu diantisipasi dengan mempekerjakan tambahan 1 orang sebagai tenaga kerja harian lepas. Secara total, biaya tenaga kerja menjadi lebih sedikit daripada harus membayar upah lembur namun memperbesar peluang konsumen yang dapat dilayaninya.


Keywords


Labor Cost; Work Shift

Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia. (2022). Survei Penjualan Eceran Juli 2022: Peningkatan Penjualan Eceran Diprakirakan Terus Berlanjut. https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_2420922.aspx [accessed 24 September 2022]

Becker, L. C., and Pizzutti, C. (2017). C2C value creation: Social anxiety and retail environment, Journal of Research in Interactive Marketing, 11(4), 398-415. https://doi.org/10.1108/JRIM-10-2016-0106

Bemporat, T. (2022). How to Level Up Your Retail Store’s Customer Service. https://www.lightspeedhq.com/blog/how-to-level-up-your-retail-stores-customer-service/ [accessed 25 September 2022]

Chaniago, H. (2020). Investigation of factors influencing traditional retail success in small cities in Indonesia, Journal of Applied Economic Sciences, 1(67), 66-75. https://doi.org/10.14505/jaes.v15.1(67).05

Griffith, D. A. (2003). Intimacy, rites of passage and social support: Symbolic meaning from lifetime shopping experiences, International Review of Retail, Distribution and Consumer Research, 13(3), 263-278. https://doi.org/10.1080/0959396032000101345

Gunawan, I. (2022). Bisnis Ritel Kembali Bergairah pada 2022, Ini Buktinya. https://ekonomi.bisnis.com/read/20220518/12/1534320/bisnis-ritel-kembali-bergairah-pada-2022-ini-buktinya [accessed 21 September 2022]

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. (2004). Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor Kep. 102/MEN/VI/2004 tentang Waktu Kerja Lembur dan Upah Kerja Lembur. https://jdih.kemnaker.go.id/asset/data_puu/peraturan_file_186.pdf [accessed 25 September 2022]

Nardo, M., Forino, D., and Murino, T. (2020). The evolution of man-machine interaction: The role of human in Industry 4.0 paradigm, Production & Manufacturing Research, 8(1), 20-34. https://doi.org/10.1080/21693277.2020.1737592

Shpëtim, C. (2012). Exploring the relationship among service quality, satisfaction, trust, and store loyalty among retail customers, Journal of Competitiveness, 4(4), 16-35. https://doi.org/10.7441/joc.2012.04.02

Siu, N. Y. M., and Cheung, J. T. (2001). A measure of retail service quality, Marketing Intelligence & Planning, 19(2), 88-96. https://doi.org/10.1108/02634500110385327

Timotius, E., and Octavius, G. S. (2021). Global changing of consumer behavior to retail distribution due to pandemic of COVID-19: A systematic review, Journal of Distribution Science, 19(1), 69-80. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.69

Timotius, E., Hamidah, and Wibowo. (2018). Intrapreneurial mindset of retail store leader: A grounded theory, International Journal of Entrepreneurship, 22(3), 1-16.

Timotius, E., Sunardi, O., Soenandi, I. A., Ginting, M., and Sabini, B. (2022). Supply chain disruption in time of crisis: A case of the Indonesian retail sector, Journal of International Logistics and Trade, 20(2), 78-101. https://doi.org/10.1108/JILT-05-2022-0004

Winston, W. L. (2004). Operation Research: Applications and Algorithms, 4th ed. London: Cengage Learning.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/jie.v8i1.4198

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33021/jie.v8i1.4198.g1625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in this journal have been indexed in major research databases, including:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.