Analisis Postur Tubuh Buruh Angkut Menggunakan Nordic Body Map Dan Metode Rula Reba (Studi Kasus: Perum Bulog)

Sri Rahmawati, Edy Fradynata, Muhammad Arief Siddqi, Nur Izzaty

Abstract


Postur tubuh yang tidak sesuai akan menimbulkan resiko muscoleskeletal disorders (MSDs). Postur kerja yang dilakukan buruh angkut terdiri dari mengambil, mengangkat dan meletakkan benda yang dilakukan secara berulang-ulang, sehingga resiko MSDs sering terjadi seperti keluhan nyeri. Penelitian ini dilakukan pada Gudang perum Bulog untuk mengidentifikasi resiko kerja postur tubuh buruh angkut yang digunakan sebagai referensi dalam mencegah resiko kecelakaan kerja. Metode yang digunakan yaitu kuisioner NBM (Nordic body map), RULA (Rapid Upper Limb Assessment) dan REBA (Rapid Entire Body Assessment) dengan pengambilan data pada 30 buruh angkut.  Berdasarkan kuisioner NBM didapatkan bagian tubuh paling beresiko cedera adalah “bahu kanan” dengan presentase “sangat sakit” sebesar 53,33%. Analisa menggunakan RULA pada aktifitas mengambil, mengangkat dan meletakkan berada pada skor 7 yaitu kategori level “tinggi”. Adapun menggunakan REBA, pada ke tiga aktifitas tersebut menunjukkan skor 10-12 dengan level resiko “sangat tinggi”. Skor RULA dan REBA merekomendasikan tindakan perbaikan agar dapat dilakukan sesegera mungkin. 


Keywords


: Postur Tubuh, Buruh Angkut, Kuesioner NBM, RULA, REBA.

Full Text:

PDF

References


Affa, M. N., & Putra, B. I. (2017). Analisis Manual Material Handling Pada Pekerja Borongan Di PT. JC dengan Metode NBM dan RWL. PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), 1(1), 22–32.

Arifin, Y., Lihawa, A., Lasalewo, T., & Machmoed, B. R. (2019). Beban Kerja Fisik Menggunakan Metode Rula Reba Pada Pt. Agility International. SemanTECH (Seminar Nasional Teknologi, Sains Dan Humaniora), 1(1), 294–299.

Cahyani, W. D. (2016). Hubungan antara beban kerja dengan kelelahan kerja pada pekerja buruh angkut. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 19(2).

Fatmawati, E. (2014). Kenyamanan Tempat Kerja Pustakawan: Perspektif Ergonomi. Int. Ergon. Assoc., Vol, 6, 105–118.

Handika, F. S., & Yuslistyari, E. I. (2020). Analisis Beban Kerja Fisik Dan Mental Operator Produksi Di Pd. Mitra Sari. Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 3(2), 82–89.

Hartono, A. F. D., & Soewardi, H. (2018). Analisis Faktor-Faktor Resiko Penyebab Musculoskeletal Disorders Dan Stres Kerja (Studi Kasus Di PLN PLTGU Cilegon). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 6(3).

Hutabarat, J. (2017). Dasar Dasar Pengetahuan Ergonomi. Media Nusa Creative.

Masâ, E., Fatmawati, W., & Ajibta, L. (2023). Analisa Manual Material Handling (MMH) dengan Menggunakan Metode Biomekanika untuk Mengidentifikasi Resiko Cidera Tulang Belakang (Musculoskeletal Disorder)(Studi Kasus pada Buruh Pengangkat Beras di Pasar Jebor Demak). Majalah Ilmiah Sultan Agung, 45(119), 37–56.

Muizzudin, A. (2013). Hubungan kelelahan dengan produktivitas kerja pada pekerja tenun di PT. Alkatex Tegal. Unnes Journal of Public Health, 2(4).

Muslimah, E., Pratiwi, I., & Rafsanjani, F. (2006). Analisis manual material handling menggunakan NIOSH equation. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 5(2), 53–60.

Pratama, P., Tannady, H., Nurprihatin, F., Ariyono, H. B., & Sari, S. M. (2017). Identifikasi risiko ergonomi dengan metode quick exposure check dan nordic body map. J. PASTI, 11(1), 13–21.

Sari, A. F., Yuliarty, P., & Wibowo, A. (2020). Analisis Tingkat Risiko Pekerja Pada Poin Kerja Header Pipe Dengan Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Penelitian Dan Aplikasi Sistem Dan Teknik Industri, 13(3), 285–297.

Wijaya, I. S. A., & Muhsin, A. (2018). Analisa Postur Kerja Dengan Metode Rapid Upper Limb Assessment (Rula) Pada Oparator Mesin Extruder Di Stasiun Kerja Extruding Pada Pt Xyz. Opsi, 11(1), 49–57




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/jie.v8i1.4190

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33021/jie.v8i1.4190.g1514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in this journal have been indexed in major research databases, including:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.