Pengembangan Model Strategi Manufaktur Industri Kecil Batik Berbasis Community Learning Centre (Studi Kasus IKM Batik Trusmi Cirebon)

Aam Amaningsih Jumhur

Abstract


Peningkatkan daya saing industry kecil batik Trusmi salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengembangkan kapabilitas ataupun kompetensi perusahaan didukung oleh keahlian mendisain batik dan memproduksi batik sehingga SDM batik harus dijamin ketersediaannya. Upaya untuk kesediaan SDM bidang batik melalui Community Learning Centre sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha batik. Community Learning Centre adalah Pusat Kelompok yang melaksanakan pembelajaran mandiri mengenai desain dan proses pembuatan batik Trusmi di Kawasan Klaster Industri Kecil Batik Trusmi Cirebon. Pemasaran menembus pasar internasional maka perlu  peningkatan kompetisi global bagi usaha batik, untuk menanggapi kondisi tersebut maka usaha batik harus memiliki daya saing. Perusahaan manufaktur harus mengadopsi dan mengimplementasikan strategi manufaktur jika ingin tetap memiliki keunggulan bersaing. Tujuan penelitian adalah mengetahui strategi manufaktur dan strategi bersaing berpengaruh terhadap community learning centre. Metode penelitian ini menggunakan metode Struktural Equation Modelling (SEM), dengan  indikator dari strategi manufaktur antara lain: biaya, fleksibilitas, inovasi, teknologi, pengetahuan, kemampuan, kualitas, suplayer dan delivery. Indikator dari strategi bersaing antara lain: diferensiasi murni, fokus, penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar. Indikator dari kinerja perusahaan antara lain: keuntungan, perkembangan, efisiensi, produktifitas dan kepuasan konsumen.  Hasil penelitian menunjukkan strategi manufaktur berpengaruh terhadap strategi bersaing. Strategi bersaing juga berpengaruh terhadap community learning centre. Kemudian strategi manufaktur berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Sehingga Daya Saing industri kecil batik Trusmi dapat ditingkatkan dengan menerapkan strategi manufaktur yang tepat berdasarkan indikator-indikator yang telah diteliti.


Keywords


Strategi Manufaktur, Stategi Bersaing, Community Learning Centre

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Burgess, T.F., H.K. Gules, J.N.D. Gupta and M. Tekin, 1998. Competitive priorities, process innovations and time-based competition in the manufacturing sectors of industrializing economies: The case of Turkey. Benchmark. Quality Manage. Technol., 5: 304-316.

Bungin, Burhan. (2011) Metodologi penelitian kuantitatif: Komunikasi, ekonomi dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya, Penerbit Kencana Prenada Media Group, 2011)

Hayes & Abernathy. 1980. Managing Our Way To Economic Decline. Harvard Business Review .Vol 58.No.4: 67-77.

Herlina dan Agastya, 1999, Hubungan Timbal Balik Antara Strategi Manufaktur dan Budaya Organisasi pada Industri Manufaktur Indonesia, Jurnal SOSIOHUMANIKA, 12(3), September 1999.

Ichsan, Lulu Afifah., Mansoor, Alvanov Zpalanzani (2022). BT BATIK TRUSMI BRAND IDENTITY STUDY. Jurnal Pakarena Volume 7 Nomor 2, Agu-Des 2022 e-ISSN: 2714-6081 dan p-ISSN: 2528-6994.

Khairunnisa, H., Alfaza, A. R., Fadhillah, U., & Prastika, I. (2021). Analisis Perkembangan Batik Trusmi Sebagai Ikon Kearifan Lokal Cirebon. Melancong : Jurnal Perjalanan Wisata, Destinasi, Dan Hospitalitas, 4(1), 1–9.

Leong, G.K., D.L. Snyder and P.T. Ward, 1990. Research in the process and content of manufacturing strategy. Omega, 18: 109-122.

Lina Anatan, 2007, Examining the Effect of Business Environment on Competitive Priority Choice : A Study of Manufacturing Firms in Indonesia, KINERJA Journal, Volume 11, No.1, Th. 2007: Hal. 1-14.

Malik, A., Suresh, S. and Sharma, S. (2019) ‘An empirical study of factors influencing consumers’ attitude towards adoption of wallet apps’, International Journal of Management Practice, Vol. 12, No. 4, pp.426–442, https://dx.doi.org/10.1504/IJMP.2019.102534

Ponte, E.B., Trujillo, E.C. and Rodriguez, T.E. (2015) ‘Influence of trust and perceived value on the intention to purchase travel online: integrating the effects of assurance on trust antecedents’, Tourism Management, Vol. 47, No. 1, pp.286–302.

Ross, F. (2020). A Perspective on the Application of Kapferer’s Brand Identity Prism in the Branding Process of Hearing Aid Retail Companies. GATR Journal of Management and Marketing Review, 5(3), 141–146. https://doi.org/10.35609/jmmr.2020.5. 3(2).

Sari, Anggri Puspita, Pelu, Muhammad Faisal A. R., Dewi, Idah Kusuma, Ismail, Marthinus, Siregar, Robert Tua, Mistriani, Nina, Marit, Elisabeth Lenny, Killa, Maklon Felipus, Purba, Bonaraja, & Lifchatullaillah, Endang. (2020). Creative Economy. The Foundation We Write.

Siregar, Abi Pratiwa. dkk. UPAYA PENGEMBANGAN INDUSTRI BATIK DI INDONESIA. Dinamika Kerajinan dan Batik. (2020). Majalah Ilmiah. Vol. 37 No. 1, Juni 2020, hal. 79 – 9.

Sopanah, S. E., Bahri, Shamsul, Ghozali, Mohammad, & SH, M. A. (2020). Creative Economy Based on Local Wisdom. Scopindo Media Library.kk, 2020).

Strengthening Community Learning Centres through Linkages and Networks: A Synthesis of Six Country Reports. Bangkok: UNESCO Bangkok, 2007.

Tambunan, T., Kinerja Ekspor Industri Manufaktur Indonesia, KADIN, Jakarta, 2001.

Wilson, N. (2019) ‘The impact of perceived usefulness and perceived ease-of-use toward repurchase intention in the Indonesian e-commerce industry’, Jurnal Manajemen Indonesia. Vol. 19, No. 3, pp.241–249, https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2412.

Bin, Y., Zhong-Zhen, Y., and Baozhen, Y. (2009). An improved ant colony optimization for vehicle routing problem, European Journal of Operational Research, 196(1),171–176. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2008.02.028

Suprayogi. (2003). Vehicle routing problem: definition, variants, and application, Proceeding Seminar Nasional Perencanaan Sistem Industri 2003 (SPNS 2003), Bandung.

Dorigo, M., and Stützle, T. 2004. Ant Colony Optimization, Massachusetts Institute of Technology, London.

Fellysia, T., (2008). Pengembangan Algoritma Non-Delay Scheduling dengan Kendala Jumlah Mesin Majemuk, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri, Universitas Presiden.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/jie.v8i1.4187

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33021/jie.v8i1.4187.g1511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in this journal have been indexed in major research databases, including:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.