Perancangan Strategi Digital Marketing UMKM Frozen Food

Djamaludin Djamaludin, Hirawati Oemar, Nita Puspita Hidayat, Selamat Selamat

Abstract


Saat ini tercatat lebih dari 65 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tersebar di Indonesia. Adanya pandemi Covid-19, UMKM Indonesia terpukul cukup keras, dan berbagai usaha dilakukan oleh UMKM agar dapat bertahan. Salah satunya adalah mempercepat peralihan UMKM ke era digital. Perusahaan HTFrozen bergerak dalam bidang penjualan oleh-oleh Bandung dalam bentuk Frozen Food diantaranya batagor, cilok, cuankie, bitter ballen, dimsum, dan pisang krispi. UMKM yang dijalankan oleh 3 orang staff, yang memiliki omset penjualan rata-rata 30 juta per bulan.  Pada masa COVID-19 mengalami penurunan omset hampir berkurang 40% dari sebelumnya. Perusahaan ini menurut pengamatan awal memiliki potensi yang cukup besar, dikarenakan produk-produknya merupakan hasil kolaborasi dengan UMKM yang sudah berjalan dan sukses sejak lama, dan perusahaan HTFrozen mengemasnya dalam bentuk Frozen Food untuk dapat menjangkau kota-kota lain di Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan strategi digital marketing dan pemanfaatan teknologi digital yang tepat bagi UMKM, khususnya perusahaan HTFrozen.

Metodologi Perencanaan Digital Marketing menggunakan model kerangka SOSTAC (Situation Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Actions, Controls), secara terstruktur dapat menggambarkan perencanaan dan pelaksanaan Digital Marketing yang tepat bagi perusahaan.


Keywords


: UMKM, Covid-19, SOSTAC, Perencana: UMKM, Covid-19, SOSTAC, Perencanaan Strategi Digital Marketing an Strategi Digital Marketing

Full Text:

PDF

References


Charlesworth, Alan. Digital Marketing: A Practical Approach 3rd ed. Routledge. 2018.

Chaffey, Dave, PR Smith. Digital Marketing Excellence: Planning, Optimizing and Integrating Online Marketing 5th ed. Routledge. 2017.

Chaffey, Dave, Chadwick Donna Ellis. Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice 6th ed. Pearson. 2016.

Herhausen, Dennis, Miocevic Dario, Morgan E. R, Kleijn, Mirella H.P. The Digital Marketing Gap. Industrial Marketing Management Journal – Elsevier. 2020.

Katadata.co.id. Dampak Covid-19 terhadap UMKM. Diakses pada 21 November dari https://katadata.co.id/umkm.

Kingsnorth, Simon. Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing. Kogan Page. 2019.

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta. 2008

Rangaswany Arvind, Nicole, Moch, Felten, Claudio, Bruggen, Gerrit van, Wieringa, Jaap E, Wirtz, Jochen. The Role of Marketing in Digital Business Platforms. Journal of Interactive Marketing – Elsevier. 2020.

Tempo.co. Jumlah UMKM di Indonesia. Diakses pada 21 November dari https://data.tempo.co/data/1111/jumlah-umkm-di-indonesia.

Yasmin, Afrina, Tasneem, Sadia, Fatema, Kaniz. Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science and Business Administration, vol 1 issue 5 p 69-80. 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/jie.v7i2.3836

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33021/jie.v7i2.3836.g1328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in this journal have been indexed in major research databases, including:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.