Penerapan Metode Analytic Network Process Dalam Menentukan Urutan Prioritas Distributor Genteng Di Jatiwangi

Gabriel Bukhari Ridwan, Hendang Setyo Rukmi

Abstract


PT. XYZ merupakan salah satu industri yang memproduksi genteng di Jatiwangi. PT. XYZ menetapkan 4 alternatif distributor yang akan diurutkan prioritas pemenuhan pemesanannya meliputi distibutor AT, PA, PD, dan SU. Setiap distributor memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan. Oleh karena itu setiap distributor dibandingan dengan kriteria yang paling penting hingga kriteria yang tidak terlalu penting. Berdasarkan pada permasalahan tersebut penelitian ini akan mengkaji bagaimana memilih distributor yang terbaik untuk PT. XYZ berdasarkan sejumlah kriteria yang ditetapkan dengan menggunakan metode pengambilan keputusan yaitu Analytic Network Process (ANP). Hasil dari pengolahan data yang diperoleh dengan menggunakan software super decision berupa ranking kriteria dan ranking alternatif distributor. Urutan ranking kriteria mulai dari yang paling penting hingga tidak terlalu penting meliputi kondisi keuangan, kemampuan pemasaran, isu strategis, komitmen dalam bekerja sama, fasilitas pengangkutan barang, jumlah tenaga kerja dan metode pembayaran. Urutan ranking alternatif distibutor berdasarkan bobot terbesar hingga terkecil yaitu distributor AT, PD, PA dan SU.


Keywords


Alternatif, pengambil keputusan, Analytic Network Process, rangking

Full Text:

PDF

References


Azis, Iwan J (2003), “Analytic Network Process with Feedback Influence: A New Approach to Impact Study, mimeo, paper presented in seminar organized by the Department of Urban and Regional Planning, University of Iullinois, Urbana-Campaign.

El-Nakib, I., & Elzarka, S. (2015). The selection criteria of global distributors in the fire protection industry. International Journal of Logistics Systems and Management, Vol. 21, No. 4, 534–550.

Lin, J. S. C., & Chen, C. R. (2008). Determinants of manufacturers’ selection of distributors. Supply Chain Management, Vol. 13, No. 5, 356–365.

Mulyati, S., Juliasari, N., & Gani, F. H. (2016). Sistem Penunjang Keputusan Untuk Pemilihan Distributor Pada Apotek Kimia Farma Cabang Kelapa Dua Kab. Tangerang Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal TELEMATIKA MKOM, Vol. 8, No. 1, 36–43.

Qurniawati, T. N., & Wahyudi, S. (2012). Pembobotan dan Optimasi Untuk Pemilihan Distributor PT Maan Ghodaqo Shiddiq Lestari. JURNAL SAIND DAN SENI ITS. Vol. 1, No. 1, 1–5.

Saaty, T. L. (1993). Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin. Terjemahan oleh Ir. Liana Setiono. Jakarta: PT. Gramedia

Yulianti, M. (2013). Penerapan Metode Analytical Network Process (ANP) Dan Technique For Order Preference By Similiarity To Ideal Solution (TOPSIS) Dalam Pemilihan Supplier. Repository.upi.edu, 14-29.

Zhu, Bin., Xu, Zeshui., Zhang, Ren., Hong. Mei. (2015). Generalized analytic network process. European Journal of Operational Research 244:277–288.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/jie.v7i2.1711

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33021/jie.v7i2.1711.g1298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in this journal have been indexed in major research databases, including:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.