Analisis Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Dan Kepuasan Karyawan PT. Nagai Plastic Indonesia

Johan K. Runtuk, Lina Hermawan

Abstract


Total Quality Management (TQM) adalah pendekatan yang dapat menunjang suatu perusahaan untuk dapat meningkatkan berbagai aspek di perusahaan seperti kinerja karyawan, kualitas produk dan layanan, dan lain-lain. Penelitian dilakukan untuk mengetahui terkait pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja karyawan dan kepuasan karyawan di PT. Nagai Plastic Indonesia yang mungkin dapat menjadi acuan dalam pengambilan keputusan manajemen guna meningkatkan kualitas produk maupun pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode SEM-PLS yang berfungsi untuk dapat mengetahui nilai pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja karyawan maupun kepuasan karyawan sehingga dapat menjadi tolak ukur manajemen puncak dalam menigkatkan kualitas produk dan pelayanan perusahaan. Hasil analisa dengan menggunakan metode yang telah di tentukan adalah adanya pengaruh positif dan signifikan antara Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja karyawan dan kepuasan karyawan. Penelitian ini menunjukkan pentingnya penerapan TQM, khususnya dalam industri manufaktur, yang secara langsung dapat meningkatkan kinerja dan kepuasan karyawan. Dalam jangka panjang, hal ini juga akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Keywords


Total Quality Management, kinerja karyawan, kepuasan karyawan, SEM-PLS

Full Text:

PDF

References


Astuti, T.B (2019). Pengaruh Teknik Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan serta Perilaku Manajer sebagai Variabel Moderating, Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7, 1, 46-57.

Bouranta, N., Psomas, E., Suárez-Barraza, Manuel F., dan Jaca, Carmen (2019). The key factors of total quality management in the service sector: a cross-cultural study, Benchmarking: An International Journal, 26, 3, 893-921.

Nasution, M. N. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pratama, Abdul A. N dan Maghfiroh, Fira N (2016). Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Karyawan di BMT Taruna Sejahtera Ungaran, Jawa Tengah, Jurnal Muqtasid, 7, 1, 93-117.

Siengthai, S. & Pila-Ngarm, P. (2016), The interaction effect of job redesign and job satisfaction on employee performance, Evidence-Based HRM: a Global Forum for Empirical Scholarship, 4, 2, 162-180.

Sinambela, L. P (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Sitio V. S. S. (2018). Pengaruh Total Quality Management (TQM) dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pelita Air Service. Journal of Management and Business Review. 15, 2, 196 – 218.

Suartini N. L. K., Gama A. W. S., & Astiti N. P. Y. (2019). Effect of Productive Assets Earnings and Third Party Funds On Operational Performance Lembaga Perkreditan Desa (LPD) In Badung District. The 9th International Conference Rural Research and Planning Group, 287 – 294.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/jie.v5i2.1324

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33021/jie.v5i2.1324.g710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in this journal have been indexed in major research databases, including:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.