Perhitungan Tahanan dan Daya Mesin pada Kapal Mini LNG berbasis Simulasi Numerik

Kusnindar Priohutomo, Endah Suwarni

Abstract


Kebutuhan akan kapal Mini LNG (small LNG carrier) di Indonesia semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan pasokan LNG dari LNG field ke pulau-pulau di Indonesia bagian timur. Distribusi LNG ke pulau-pulau di Indonesia bagian timur kurang efektif bila menggunakan kapal LNG yang berukuran besar karena tidak adanya infrastruktur pipa gas untuk menyalurkan LNG dari terminal LNG di pelabuhan ke pengguna. Dengan kapal mini LNG maka pendistibusian LNG bisa menggunakan tangki-tangki LNG kecil yang nantinya akan dibawa oleh kendaraan darat setelah kapal bersandar di pelabuhan. Untuk mendesain sebuah kapal mini LNG diperlukan berbagai macam perhitungan yang tepat agar nantinya kapal yang dibangun akan memiliki performa yang baik dan efisien. Salah satunya yang harus dihitung adalah tahanan kapal dan daya mesin yang akan dipasang. Pada paper ini kajian difokuskan pada perhitungan tahanan kapal dan daya mesin menggunakan metode simulasi numerik. Hasil dari paper ini untuk tahanan kapal pada kondisi full load sebesar 234,33 kN dan untuk kondisi half load memiliki tahanan sebesar 208,18 kN. BHP engine pada kondisi full load sebesar 2852,7 HP dan pada kondisi half load sebesar 2533,5 HP

Keywords


Kapal Mini LNG, tahanan kapal, daya mesin kapal, simulasi numerik, full load, half load

Full Text:

PDF

References


J. Maritim, “Small LNG Tanker dan Aplikasinya di Indonesia,” 2017. https://jurnalmaritim.com/small-lng-tanker-dan-aplikasinya-di-indonesia/.

E. Bøckmann and S. Steen, “Model test and simulation of a ship with wavefoils,” Appl. Ocean Res., vol. 57, pp. 8–18, 2016, doi: 10.1016/j.apor.2016.02.002.

M. Terziev, T. Tezdogan, and A. Incecik, “A geosim analysis of ship resistance decomposition and scale effects with the aid of CFD,” Appl. Ocean Res., vol. 92, no. September, pp. 1–17, 2019, doi: 10.1016/j.apor.2019.101930.

J. R. Saripilli and D. Sen, “Numerical studies on effects of slosh coupling on ship motions and derived slosh loads,” Appl. Ocean Res., vol. 76, no. April, pp. 71–87, 2018, doi: 10.1016/j.apor.2018.04.009.

A. S. Mujahid and K. Priohutomo, “Studi Kelayakan Desain Kapal Hisap Tambang,” Wave J. Ilm. Teknol. Marit., vol. 12, no. 2, pp. 81–88, 2018, doi: 10.29122/jurnalwave.v12i2.3461.

G. Regatama, W. Amiruddin, and I. P. Mulyatno, “Studi Perancangan Kapal LNG 3150DWT,” Tek. Perkapalan, vol. 7, no. 2, pp. 152–160, 2017.

R. S. Ryadenata, “Desain Rantai Pasok dan Basic Desain Kapal LNG untuk Distribusi LNG,” 2016.

E. V. Lewis, Principles of Naval Architects - Resistance, Propulsion and Vibration, vol. II. The Society of Naval Architects and Marine Engineer, 1988.

R. P. and G. ITTC, “Predicting Powering Margins,” ITTC, vol. 7.5-02, no. 03–01.5, pp. 1–10, 2017.

J. Holtrop and G. . Mennen, “An Approximate Power Prediction Method,” MARIN, no. 1982, pp. 166–170, 1982.

T. Szelangiewicz and K. Żelazny, “Ship service speeds and sea margins,” Zesz. Nauk. Akad. Morskiej w Szczecinie, vol. nr 48 (120, no. 120, pp. 43–50, 2016, doi: 10.17402/174.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/jmem.v5i2.1017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License