Frekuensi Dominan Dalam Vokal Bahasa Indonesia

Tjong Wan Sen

Abstract


Pengenalan ucapan otomatis sudah dikembangkan selama lebih dari empat puluh tahun dan masih perlu untuk terus dikembangkan agar dapat memiliki kemampuan yang menyerupai manusia. Teknologi ini sangat bermanfaat tetapi hingga saat ini masih belum bisa dipakai secara umum dengan mudah dalam aktivitas manusia sehari-hari. Ketersediaan pilihan bahasa pun masih menjadi kendala, diperlukan waktu pelatihan yang cukup panjang untuk masing-masing bahasa yang diinginkan.

Salah satu bahasa yang banyak digunakan di dunia adalah Bahasa Indonesia. Meskipun demikian belum banyak sistem Pengenalan Ucapan Otomatis yang menggunakan Bahasa Indonesia. Beberapa sistem yang dikembangkan oleh perusahaan besar telah memiliki pilihan Bahasa Indonesia, tetapi basis data yang digunakan tidak dapat diakses oleh masyarakat umum. Oleh karena itu perlu dikembangkan basis data suara ucapan dalam Bahasa Indonesia.

Dalam artikel ini dilaporkan pengembangan data suara ucapan vokal Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam suara vokal dari berbagai sumber. Sumber ucapan dibedakan secara etnisitas, jenis kelamin dan usia. Dari masing-masing kelompok diidentifikasi kelompok frekuensi yang dominan. Himpunan frekuensi dominan antar kelompok tersebut  kemudian dibandingkan satu dengan lainnya untuk mengetahui persamaan dan perbedaannya. 


Full Text:

PDF

References


S. Furui, “Automatic speech recognition and its application to information extraction”, Association for Computational Linguistics, hal. 11–20, 1999.

L. R. Rabiner, “A tutorial on hidden Markov models and selected applications in speech recognition,” Proceedings of the IEEE, vol. 77, no. 2. hal. 257–286, 1989.

H. Alwi, S. Dardjowidjojo, H. Lapoliwa, and A. M. Moeliono, Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2014.

Y. Yoo, Tutorial on Fourier theory, (2001).

P. Duhamel and M. Vetterli, “Fast Fourier transforms: a tutorial review and a state of the art”, Signal Processing, vol. 19, hal. 259–299, 1990.

(2016) The MathWorks Documentation website. [Online], http://www.mathworks.com/help/matlab/ref/fft.html tanggal akses: 12 Juni 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/itfs.v1i2.302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 IT for Society




All articles in this journal are indexed in:

  


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.