Implikasi Kesesuaian Penempatan dan Komitmen Organisasi pada Kinerja Karyawan di Kota Pontianak (Studi Kasus pada Karyawan Rumah Sakit Swasta di Kota Pontianak)

Pasifikus Maisirata

Abstract


Pada masa sekarang ini, perkembangan dunia usaha mengalami kemajuan disemua bidang terutama di bidang ekonomi, hal ini berkaitan erat dengan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah di antaranya adalah perbaikan di bidang ekonomi.Saat ini banyak ditemukan usaha-usaha yang dilakukan untuk membantu dan mempermudah dalam memenuhi kebutuhan dan keperluan sehari-hari.Untuk memenuhi kebutuhan tersebut banyak dibuka berbagai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesesuaian penempatan dan komitmen organisasional  terhadap kinerja karyawan. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) dari variabel independen mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap kompetensi karyawan adalah sebesar 26,80 persen, sedangkan sisanya 73,20 persen dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil pengujian parsial (t test) menunjukkan nilai signifikansi komitmen organisasional  0,000< 0,05, sehingga komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Dari rata-rata tanggapan responden dapat diketahui bahwa karyawan memiliki kesesuaian penempatan yang baik dan tingkat kinerja berdasarkan kerjasama yang tinggi. Hasil uji t menunjukkan bahwa kesesuaian penempatan memiliki signifikan sebesar 0,000< 0,05. Hal ini berarti kesesuaian penempatan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan karena nilai signifikansi lebih kecil dari nilai pembanding yaitu 0,05. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) menunjukkan pengaruh variable kesesuaian penempatan terhadap kinerja karyawan sebesar 28,00 persen, sedangkan sisanya sebesar 72,00 persen dipengaruhi oleh variabel lain diluar kesesuaian penempatan yang tidak di uji

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia:Jakarta. PT Gelora Aksara Pratama.

Barthos, Basir. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia: suatu pendekatan makro. – Ed. 1, Cet. 9. Jakarta: Bumi Aksara.

Darajat, Luthfah Nurfaizah Dan Rosyidah. (2012). “Hubungan Budaya Organisasi Dengan Komitmen Orgnisasi Perawat Bagian Rawat Inap Kelas II Dan Kelas III Rumah SakitUmum PKU Muhammadiyah Yogyakarta”. Jurnal KES MAS Vol.6 No.2 (Juni). ISSN: 1920-0575.

Elfliani, Destria, Amin Mustofa Dan Ahmad Mardalis. (2015). “Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Umum Dr. Moewardi Surakarta”. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol.17 No.1 (Juni). Hal 13.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T. H. (2008). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Penerbit BPFE UGM. Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

_______________. (2014). Manajemen Sumber Daya manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kasmir. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori Dan Praktik. Depok: Rajawali Pers.

Kaswan. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Keunggulan Bersaing Organisasi.-Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilham.

Luthans, Fred. (2006). Prilaku Organisasi. Ed.10. Yogyakarta: PT. Andi.

Mangkunegara, A. P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mathis, R. L dan J. H Jackson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Nawawi, H. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Penerbit Gadjah Mada Univesity Press. Yogyakarta.

Novelia, Mery, Bambang Swasto Dan Ika Ruhana. (2016). “Pengaruh Komitmen Dan Organizational Citizenhsip Behavior(OCB) Tehadap Kinerja (Studi Pada TenagaKeperawatan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Sorgiri Lamongan).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 38 No.2 (September). Hal 77.

Prawirosentono. (2009). Manajemen Produktivitas. Penerbit PT. Bumi Angkasa. Jakarta.

Priansa, Juni Donni. (2016). Perencanaanaan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Priyatno, Duwi. (2016). SPSS 22 Pengelolaan Data Praktis. Yogyakarta: Andi.

Putri, Yumma Dalin Dan Hamidah Nayati Utami. (2017). “Pengaruh Organizational Citizenhsip Behavior (OCB) Terhadap Kinerja (Studi Pada Tenaga Perawat Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Baptis Batu).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.46 No.1 (Mei).

Rivai, V. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori dan Praktik. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Robbins, Stephen.P. Perilaku Organisasi. Ed.10. Jakarta: PT. Jaya Cemerlang.

Schuler dan Jackson. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi, dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Penerbit PT Refika Aditama. Bandung.

Siswanto. (2008). Manajemen Personalia. Penerbit PT Erlangga. Jakarta.

Sugiyono. (2015). Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Penerbit Alfabeta. Bandung, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/firm.v4i2.789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in FIRM: Journal of Management Studieshave been indexed in major research databases, including:


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.