ANALISIS PERILAKU PEDAGANG DI PASAR IKAN FLAMBOYAN DI PONTIANAK

Andry Lindi Lim

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku pedagang, dan penulis membatasi pada: Analisis budaya, analisis sosial, analisis pribadi, dan analisis psikologis. Metode deskriptif, dan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan mendistribusikan kuesioner. Populasi adalah pedagang ikan di Pasar Ikan Flamboyan di Pontianak. Teknik pengambilan sampel dari populasi menggunakan simple random sampling dengan 50 responden. Dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan dan dirata-ratakan responden setuju dengan analisis perilaku pedagang yang mencakup faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis perilaku pedagang. Variabel budaya memiliki rata-rata keseluruhan 4,01, variabel sosial memiliki rata-rata keseluruhan 3,78, variabel pribadi memiliki rata-rata keseluruhan 3,65, dan variabel psikologis memiliki rata-rata keseluruhan 3,69.  

Kata kunci: Analisis Perilaku Pedagang

Full Text:

PDF

References


Adriani, Ririn. (2006). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Tenaga Penjual Untuk Meningkatkan Kinerja Tenaga Penjual Semarang: Universitas Dipenogoro.

Anggraeni, Retno. (2007). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Jasa pada PT (Persero) DAMRI di Pontianak. Pontianak: Universitas Tanjungpura.Dharmmesta, Basu Swastha dan T. Hani Handoko. (2017). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Ghazali, Rizwar. (2010). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Produk Plastik Terhadap Volume Penjualan PT Mitraya Plasindo Sejati. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip. (2001). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Purnama, C. M. Lingga. (2002). Strategic Marketing Plan-Panduan Lengkap dan Praktis Menyusun Rencana Pemasaran yang Strategis dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Saefulamri. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kebersihan dan Kenyamanan di Pasar Tradisional Terhadap Perpindahan Berbelanja dari Pasar Tradisional ke Pasar Modern di Kota Semarang. Semarang: Universitas Dipenogoro.

Soekartawi. (1995). Ilmu Usahatani. UI-Press. Jakarta.

Winardi, Deka I Djakarta. (2012). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian. Semarang: Universitas Dipenogoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/firm.v4i2.785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in FIRM: Journal of Management Studieshave been indexed in major research databases, including:


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.