STUDI EKSPEKTASI PENGGUNA TERHADAP CALON TENAGA KERJA DI ERA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI (Studi terhadap Ekspektasi Supervisor Mahasiswa Peserta Magang dari jurusan Manajemen Univesitas X di Jababeka-Indonesia)

Matnur Syuryadi, B.M.A.S. Anaconda Bangkara, Filda Rahmiati

Abstract


Perkembangan teknologi dan penerapannya, telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Berbagai kegiatan berbasis online di berbagai sektor sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Perkembangan ini tentunya memberikan berbagai kemudahan dan kenyamanan bagi manusia, namun juga menimbulkan permasalahan baru. Generasi yang lahir, tumbuh dan berkembang di era perkembangan teknologi ini akan memiliki perilaku yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Ketergantungan pada teknologi hampir mutlak. Generasi ini sangat mudah beraktivitas secara virtual, yang mana akan mengurangi kegiatan secara fisik. Aktiviatas secara virtual dapat dengan mudah dikontrol, tetapi ini tidak berlaku untuk kegiatan fisik. Jadi, konsep kegiatan akan bergeser, dan tentunya akan berdampak pada aktivitas di tempat kerja. Oleh sebab itu, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menemukenali ekspektasi pengguna kerja saat ini, dengan dinamika perkembangan teknologi, dimana yang menjadi responden adalah supervisor di perusahaan yang memiliki pengalaman sebagai supervisor mahasiswa peserta magang dari jurusan manajemen universitas X sebagai calon tenaga kerja, dengan kualifikasi pendidikan sarjana. Kuesioner disusun berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Goleman dan Boyatzis tentang kecerdasan emosional, kuesioner dinyatakan layak untuk dimasukkan dalam proses selanjutnya yaitu proses analisis multivariat dengan menggunakan alat analisis faktor. KMO & Bartlett’s test menunjukan nilai 0.685 dengan sign 0,000, Eigen Value 1,7, menghasilkan 2 (dua) faktor baru yaitu (1) Tanggungjawab (Responsibility), dan (2) Rendah hati (Humble)

Keywords


Perkembangan teknologi, ekspektasi pengguna, kecerdasan emosional, tanggungjawab dan rendah hati.

Full Text:

PDF

References


Aurino Rilman Adam Djamaris (2013). Analisis Faktor Kompetensi Soft Skills Mahasiswa yang Dibutuhkan Dunia Kerja berdasarkan Persepsi Manajer dan HRD Perusahaan

Akhmadrandy Ibrahim (2016). ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN KUALITAS DARI KINERJA OPERASIONAL PADA INDUSTRI EKSTRAKTIF DI SULAWESI UTARA (Studi Komparasi Pada Pertanian, Perikanan, dan Peternakan)

Asmuni (2014).Pengembangan soft skills dan karakter mahasiswa.Buku Pedoman OSPEK 2014, Tahun Akademik 2014/2015. Jombang: STKIP PGRI Jombang, 49-58.

Asmuni, & Hasyim, K. (2014).Students’ analytical ability toward case and policy on teaching profession through the integration of hard skills and soft skills by using problem-based learning strategy. Proceeding of the 7th International Conference on Educational Research: Challenging Education for Future Change. Faculty of Education, Khon Kaen University, Thailand, September 13-14, 2014, 903-909.

Bennis, W. (2001).Foreword.In C. Cherniss and D. Goleman.The Emotionally Intellingent Workplace. San Francisco: Jossey-Bass

Christine Rianti Elisabeth (2005). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Kerja Perawat Bagian Intensive Care Rumah Sakit “X”

Daniel Goleman:Emotonal Intelligence: Kecerdasan Emosional, Terj. T. Hermaya, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996).

Economic Survey of Latin America and the Caribbean (ECLAC) 2018. Evolution of investment in Latin America and the Caribbean: stylized facts, determinants and policy challenges

Economic Survey of Latin America and the Caribbean (ECLAC) 2016: The 2030 Agenda for Sustainable Development and the challenges of financing for development

Elfi Yuliani Rohmah (2016): Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Pada Pemberlajar (Prespektif Psikologgi Barat dan Psikologi Islam)

Eurofound (2017) Living and working in Europe 2017.

Gian Sugianto (2016). Pengaruh Persepsi Pola Asuh Orang Tua dan Tipe Kepribadian Big Five terhadap Kecerdasan Emosi pada Remaja

Goleman, D., Boyatzis, R., and McKee, A. (2002).Primal Leadership: Realizing the Power of Emotional Intelligence. Harvard Business School Press, Boston.

Griep, et., al, (2021), The chicken or the egg: The reciprocal relationship between job insecurity and mental health complaints.

Isroah (2013). INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI

John W. Creswell:Reseach Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed

Juara Simanjuntak (2016). KOMPLEKSITAS MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI

M. Rais (2013), Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Kerja Karyawan Dirgantara Mart Malang

Newman (2021) Reuters Institute Digital News Report 2021 10TH EDITION

Risma Mila Ardila, Nurhasanah, Moh Salimi (2017). PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH

Raudatun Istiani (2013). Konsep Kecerdasan Emosi Daniel Goleman Dan Relevansinya Terhadap Kesehatan Mental Manusia

Robbins. Stephen. P., Coulter. Mary. (2012). Management.Eleventh Edition. Jakarta: England

Boyatzis, R. E. (2008). Competencies in the 21st century.Journal of management development, 27(1), 5-12.

Singgih Santoso (2013). Aplikasi SPSS pada Statistik Multivariat

Sailah, I. (2008). Pengembangan soft skills di perguruan tinggi. Jakarta: Tim Kerja Pengembangan Soft Skills, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional RI.

Yulia Effrisanti (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Program Magang Sebagai Upaya Peningkatan Soft Skill Mahasiswa




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/firm.v8i1.4426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in FIRM: Journal of Management Studieshave been indexed in major research databases, including:


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.