Pengaruh Kualitas Pelayanan Workshop Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Di Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu)

Fitri Indah Puspitaningsih, Niki Etruli

Abstract


Workshop yang berada di Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu merupakan tempat dengan beragam alat manual, mesin, dan bahan furnitur yang digunakan untuk pembelajaran membuat furnitur. Kondisi di dalam workshop sangat padat karena setiap harinya terdapat mahasiswa yang praktikum, membuat tugas akhir, dan pembuatan produk sesuai orderan yang masuk. Untuk memberikan output yang optimal diperlukan kondisi workshop yang mendukung kinerja bagi penggunanya. Selama kurang lebih empat tahun beroperasi, belum ada analisis terhadap pelayanan workshop kepada konsumen (pengguna). Oleh karena itu, pada penelitian ini akan berfokus pada nilai kepuasan konsumen pada pelayanan di workshop Politeknik IFPK. Metode pengambilan data menggunakan data primer yaitu membagikan kuisoner. Kuisinoner tersebut dibuat dengan dasar dimensi pelayanan antara lain tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan SPSS statistic 24 untuk mencari uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas Kolmogorov Smirnov, uji multikolinieritas dan uji regresi liner berganda. Dari pengujian data menggunakan SPSS 24, hasil uji validitas dan reabilitas menyatakan  bahwa kuisoner sudah valid dan sudah mempunyai konsistensi untuk dibagikan ke responden. Uji Normalitas menunjukkan data telah terdistribusi normal. Uji multikoliniertias menunjukan bahwa tidak interkorelasi antara variable bebas di dalam model regresi. Uji regresi liner berganda menyimpulkan bahwa keseluruhan variabel bebas sebesar 92,8% berpengaruh pada kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di workshop Politeknik IFPK.

Kata Kunci : Kepuasan Mahasiswa, Kualitas Pelayanan

Keywords


Kepuasan Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, SPSS

Full Text:

PDF

References


Alaan, Yunus. 2016. Pengaruh Service Quality (Tangible, Emphaty, Reliability, Responsiveness, Assurance) Terhadap Customer Satisfation : Penelitian Pada Hotel Serela Bandung. Jurnal Manajemen, Vol.15, No.2

Azzam, Abdel Fatah. 2015. The Impact Of Service Quality Dimensions On Cstoer Satiffaction : A Field Study If Arab Bank In Irbid City, Jordan. European Journal Of Business And Management. Vol.7, No.15.

Azwar, Saifuddin. 2012. Reabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Berry, L. L. (1988). SERVQUAL : A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1).

Gerson, F. R. 1993. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Penerbit PPM. Jakarta Pusat.

Ghozali, Imam 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Samarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Edisi 3. Yogyakarta. Andi

Kotler, P. (2000). Marketing Management : The Determinant of Perceived Service Quality and its Relationship with Satisfaction. Journal of Service Marketing, 217–229.

Lestari WP, Sunarto, Kuntari T. 2002. Analisa Faktor Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia.

Rambat Lupiyoadi. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Pratek. Jakarta: PT salemba Empat

Markovic, Suzana and Raspor S, Jankovic. 2013. Exploring The Relationship Between Service Quality and Customer Satisfaction in Croatian Hotel Industry. Journal Tourism and Hospitality Management, volume 9, No 2, pp. 149-164.

Netter, John. dkk. 1996. Applied Linier Statistical Models. Irwin. Michigan

Nunnally, C.J.(1970), Psychometric Theory, Second Edition, Tata McGrawhill Inc: New Delhi

Ningsih, N, L, A, P., Widari, D, A, P, N., Artawan, I, M. (2020). Analisa Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan. 19(1), pp.24-29

Sabardi, Agus. dkk. 2014. Manajemen Pengantar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta. Bagian Penerbitan STIE YKPN Yogyakarta. Yogyakarta

Solichin, M., Rasyidi, & Halimatusa’diah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan ( Reliability , Assurance , Tangible , Empathy , Dan Responsiveness ) terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Kalteng Cabang Muara Teweh. Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 8(2).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatid dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Suharyadi dan Purwanto. 2011. ”Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Edisi 2”. Jakarta : Salemba Empat.

Sunjoyo, dkk. 2013. Aplikasi SPSS untuk SMART Riset (Program IBM SPSS 21.0). Alfabeta Bandung

Syukhari. 2018. Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Laboratorium Jaringan Menggunakan Pendekatan Importance – Performance Analysis. Jurnal Inovasi Vokasi dan Teknologi, 18 (2), 109-114.

Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2011). Service Quality & Satisfation Edisi 3. Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/firm.v8i1.4018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in FIRM: Journal of Management Studieshave been indexed in major research databases, including:


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.