FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RETURN ON ASSET (ROA) PADA PERUSAHAAN KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2020

Nur Aliah, Dessyana Dessyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh manajemen laba, DER (Debt to Equity Ratio), ukuran perusahaan, dan kepemilikan manajerial terhadap Return On Asset (ROA) baik secara simultan maupun parsial pada perusahaan keuangan yang terdaftar di BEI periode 2017-2020. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 105 Perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 20 perusahaan yang memenuhhi kriteria. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan SPSS 25. Hasil analisis menunjukkan secara simultan manajemen laba, DER, ukuran perusahaan, dan kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan keuangan yang terdaftar di BEI periode 2017-2020. Secara parsial, manajemen laba, DER dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan keuangan yang terdaftar di BEI periode 2017-2020, sementara kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan keuangan yang terdaftar di BEI periode 2017-2020.

 Kata kunci: ROA, Manajemen Laba, DER, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial


Full Text:

PDF

References


Candradewi, I., & Sedana, I. B. P. (2016). Pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan dewan komisaris independen terhadap Return On Asset (Doctoral dissertation, Udayana University).

Dechow, P. M., Sloan, R. G., & Sweeney, A. P. (1995). Detecting earnings management. Accounting review, 193-225.

El Diri, M. (2018). Definitions, activities, and measurement of earnings management. In Introduction to earnings management (pp. 5-44). Springer, Cham.

FAC Sekutiras (2019). TRI Banyan Tirta Alami Penurunan Laba Jadi Rp10,5 Miliar. Diambil dari https://www.facsekuritas.co.id/news/market/tri-banyan-tirta-alami-penurunan-laba-jadi-rp105-miliar

Hendri, Z., & Nurhazana, D. (2019). Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Perencanaan Biaya Modal Ekuitas Dengan Return On Assets (ROA) Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 3(1), 102-117.

Hery, H., & Si, M. (2017). Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: PT. Grasindo.

Hidayat, K (2020). Pertumbuhan industri makanan dan minuman terhambat selama pandemi corona. Kontan.co.id. Diambil dari https://industri.kontan.co.id/news/pertumbuhan-industri-makanan-dan-minuman-terhambat-selama-pandemi-corona

Kasmir, Analisis Laporan Keuangan,", Jakarta: PT. Rajagrafindo, 2018.

Masruroh, N. A., & Bastian, I. (2018). Akuntansi Manajemen Berbasis Desain. UGM PRESS.

Melani, A. (2017). Kronologi Putusan Pailit Produsen Jamu Legendaris Nyonya Meneer. Diambil dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/3049608/kronologi-putusan-pailit-produsen-jamu-legendaris-nyonya-meneer

Rodoni, A. HA (2014). Manajemen Keuangan Modern.

Rostiana, T. (2020). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2018 (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Sidharta, I. (2019). Dasar-Dasar Manajemen: Diandra Kreatif. Diandra Kreatif.

Siregar, E. I. (2021). Kinerja Keuangan Terhadap Profitabilitas Sub Sektor Konstruksi. Penerbit NEM.

Sudana, I. M. (2019). Manajemen keuangan teori dan praktik. Airlangga University Press.

Sukadana, I. K. A., & Triaryati, N. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food and Beverage Bei. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 6239.

Sulistyanto, S. (2008). Manajemen Laba (Teori & Model Empiris). Grasindo.

Tala, O., & Karamoy, H. (2017). Analisis profitabilitas dan leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Accountability, 6(1), 57-64.

Toni, N., MM, C., Simorangkir, E. N., Hebert Kosasih, S. E., & Ak, M. (2021). Praktik Perataan Laba (Income Smoothing) Perusahaan: Strategi Peningkatan Profitabilitas, Financial Leverage, Dan Kebijakan Dividen Bagi Perusahaan. Penerbit Adab.

Vidyasari, S. A. M. R., Mendra, N. P. Y., & Saitri, P. W. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/firm.v7i2.3912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in FIRM: Journal of Management Studieshave been indexed in major research databases, including:


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.