Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepercayaan Pelanggan Pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pelita Sejahtera Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya

Kurnia Taupik, Dian Candra Fatihah

Abstract


Kepercayaan pelanggan adalah salah satu hal penting bagi keberlangsungan sebuah perusahaan yang mana bisa didapatkan apabila telah memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan. Penelitian ini dalam rangka mencapai tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh pelayanan prima terhadap kepercayaan pelanggan pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pelita Sejahtera Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan penilaian sesuai skala Likert 5 poin yang diberikan kepada 30 orang sampel yaitu pelanggan pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pelita Sejahtera Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya dan diolah menggunakan IBM SPPS versi 28. Uji parsial (Uji t) dan Uji simultan (Uji F) menampakkan adanya hubungan dan pengaruh signifikan antara pelayanan prima dengan kepercayaan pelanggan. Hasil penelitian mengindikasi bahwa terdapat pengaruh yang positif dari pelayanan prima sebesar 17,5% terhadap kepercayaan pelanggan.

Keywords


Pelayanan Prima, Kepercayaan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Bilgah, N. J. (2021). Analisis Pengaruh Pelayanan Prima, Kepuasan Pelanggan, Dengan Budaya Kerja Pada PT Fastfood Indonesia Tbk KFC Cabang Plaza Kalibata Jakarta Selatan. Jurnal AKRAB JUARA, 6(2), 13–144.

Cahyani, A., Rahayu, W. I., & Fatonah, R. N. S. (2020). Panduan Pembuatan dan Penggunaan Aplikasi Implementasi Metode Servqual Untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Hasil Penanganan Menggunakan Metode Weighted Product Pada PT. CDA (1st ed.). Kreatif Industri Nusantara.

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media.

Firdaus. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistics Version 26.0 (F. Ravida (ed.); 1st ed.). DOTPLUS Publisher.

Ghodang, H., & Hantono. (2020). METODE PENELITIAN Kuantitatif (Konsep Dasar & Aplikasi Analisis Regresi dan Jalur dengan SPSS (1st ed.). PT. Penerbit Mitra Grup.

Guspul, A. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Kepercayaan dan Kepuasan Klien Untuk (Studi Kasus Klien Kospin Layanan Cabang Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 1(1), 4–54. https://doi.org/10.32699/ppkm.v1i1.232

Mayasari, D. (2015). Peran Pelayanan Prima (Service Excellence) Terhadap Kepercayaan (Trust) Nasabah di PT Bank Syariah Mandiri Cabang Malang [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1241

Saputro, R. F., Purwanto, E., & Pertiwi, T. K. (2019). Analisis Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepercayaan Konsumen dan Pengalaman Konsumen Pada Layanan Customer Service di Studio Adventure Surabaya. PROSIDING SENAMA 2019 “Potensi Perkembangan Ekonomi Digital Di Indonesia", 74–81.

Siregar, M. (2021). Hubungan Antara Kepercayaan Pelanggan Dengan Loyalitas Pelanggan Terhadap Online Shop. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 2(1), 83–88.

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). ALFABETA, CV.

Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (22nd ed.). ALFABETA, CV.

Susanti, V., & Hadi, C. (2013). Kepercayaan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Gadget secara Online. Jurnal Psikologi Industri Dan Organisasi, 02(01), 55–33.

Susanto, R., & Susanti, E. (2020). Pelaksanaan Pelayanan Prima Terhadap Kepercayaan Nasabah Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Jorong Kampung Tangah Pariaman. https://doi.org/10.31219/osf.io/tnhsk

Syara, A. R., & Handayani, J. (2020). Analisis Pengaruh Dimensi Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan BRI Kantor Cabang Kendal. Jurnal Keuangan Dan Bisnis (KEUNIS), 8(2), 135–146.

Wijaya, H., & Susanty, E. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Studi Kasus Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Musi Banyuasin). Jurnal Ecoment Global, 2(1). https://doi.org/10.35908/jeg.v2i1.213

Windasuri, H., Susanti, H., & BussinessGrowth Team. (2017). EXCELLENT SERVICE The Secrets of Building a Service Organization (1st ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/firm.v7i1.1571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in FIRM: Journal of Management Studieshave been indexed in major research databases, including:


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.