EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL DALAM PENYEBARLUASAN INFORMASI PEMBANGUNAN PEMERINTAH KABUPATEN BANYUASIN

Muhammad Mifta farid, Muhammad Ari Revaldo

Abstract


Pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah seringkali tidak diketahui oleh masyarakat Kabupaten Banyuasin secara luas, karena lambatnya proses penyampaian informasi, seringkali informasi pembangunan yang dilakukan hanya diketahui oleh instansi-instansi Pemerintah yang terkait dan masyarakat lokal tempat kegiatan pembangunan dilakukan. Selain itu, penggunaan akun-akun media sosial resmi pemerintah yang belum maksimal menyebabkan masyarakat Kabupaten Banyuasin masih banyak yang belum mengetahui bahwa pemerintah sudah memiliki akun media sosial resmi yang digunakan untuk memberikan informasi-informasi mengenai kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah di Kabupaten Banyuasin. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas media sosial dalam penyebarluasan informasi pembangunan Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunaan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah admin media sosial resmi pemerintah, sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu berupa dokumen, struktur organisasi dan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Hasil yang didapat dari penelitian yang dilakukan berdasarkan indikator dari Teori Uses and Effect yaitu, Efek yang didapat ialah penyebaran dan penerimaan informasi dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin kepada masyarakat terjadi secara efektif dan efisien, kemudian Konsekuensi yang didapat ialah informasi terbaru yang dibagikan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuasin dapat langsung diakses oleh masyarakat, serta Konsefek yang didapat ialah Pemerintah Kabupaten Banyuasin mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat atas informasi-informasi yang dibagikan melalui media sosial resmi milik Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

 


Keywords


Informasi, Masyarakat, Media Sosial, Pembangunan, Pemerintah

Full Text:

PDF

References


BUKU

Affandy, Muhajian, (2018).Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.

Biagi, Shirley, (2010).Pengantar Media Massa, Jakarta: Salemba Humanika.

Bungin, Buran, (2011).Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Daryanto & Rahardjo Muljo, (2016).Teori Komunikasi, Yogyakarta: Gava Media.

Enterpise, Jubilee, (2012).Buku Pintar Internet, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Evra, Ed. Wiliya., Rumondor Prasetio., & Busran, (2018).Serenai Penelitian: Isam Kontemporer Tinjauan Multikultural, Yogyakarta: CV Budi Utama.

Faiza, Arum., & Firda J. Sabila, (2018).Arus Metamorfosa Milenial, Surakarta: Penerbit Ernest.

Fitrah, Muh., & Lutfyah, (2018).Metodelogi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, Study Kasus, Sukabumi: CV Jejak.

Hutahayan, Benny, (2019).Peran Kepemimpinan Spiritual dan Media Sosial, Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Indah, Hermin Wahyuni, (2013).Kebijakan Media Baru di Indonesia, Yogyakarta: Gajah mada University Press.

Mulyana, Deddy, (2011).Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nadie, Lahyanto, (2018).Media Massa dan Pasar Modal, Jakarta: Media Center.

Nurudin, (2018).Media Sosial Agama Baru Masyarakat Milenial, Malang: Intrans Publishing.

Morrison, (2015).Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, Jakarta: Kencana.

Rahadi, Dedi Rianto.“ Proses Riset Penelitian ”, Tunggal Mandiri Publishing. Malang. 2010.

Rokian, Ajmal, (2014).Sejarah, Khasanah Budaya dan Profil Potensi Kabupaten Banyuasin, Pangkalan Balai: Dinas Pariwisata, Seni, Budaya, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan.

Romli, Khomsahrial, (2016).Komunikasi Massa, Jakarta: Gramedia.

Sugiyono, (2012).Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Tamburaka, Apriyadi, (2013).Literasi Media : “Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa”, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widiastuti, Tuti, (2013).Teori Komunikasi 2, Jakarta: Penerbit Universitas Bakrie

.

Wijaya, Hengki, (2018).Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi, Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

JURNAL

Rahadi, D. R. (2017). Perilaku Penggu na dan Informasi Hoax di Media Sosial. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5 (1), 58–70. https://doi.org/10.26905/jmdk. v5i1.1342

WEBSITE

www.banyuasinkab.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/firm.v6i1.1438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in FIRM: Journal of Management Studieshave been indexed in major research databases, including:


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.