ANALISIS TINGKAT KINERJA, TINGKAT KEPENTINGAN DAN TINGKAT KESESUAIAN BAURAN PEMASARAN YAKULT DI KOTA PONTIANAK

Andry Lindi Lim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pemasaran yang diteliti, meliputi produk (product), harga (price), saluran distribusi (place), promosi (promotion) terhadap minuman Yakult, dan tanggapan responden atas penjualan Yakult dan tanggapan terhadap penjualan retailer yang menjual produk pada konsumen akhir.  dan penulis membatasinya pada Analisis Tingkat Kepentingan, Tingkat Kinerja dan Tingkat Kesesuaian Bauran Pemasaran Yakult  di Kota Pontianak. Metode deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, studi dokumenter dan kuesioner. Populasinya adalah para konsumen langsung. Teknik pengambilan sampel dari populasi menggunakan purposive sampling dengan 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan hasil sangat sesuai. Hasil perhitungan adalah: Produk (product) dengan nilai tingkat kesesuaian sebesar 97,24 persen, harga (price) dengan nilai tingkat kesesuaian sebesar 99,23 persen,  saluran distribusi (place) dengan nilai tingkat kesesuaian sebesar 98,73 persen dan promosi (promotion) dengan nilai tingkat kesesuaian sebesar 98,57 persen. Tingkat kinerja kepentingan harga (price) kebijakan menempati peringkat pertama, kebijakan saluran distribusi (place) menempati peringkat kedua, Promosi (promotion) menempati peringkat ketiga, kebijakan produk menempati peringkat keempat. Saran-saran mencakup: Tingkatkan media sosial, dengan pemberian penghargaan atau hadiah kepada pengecer yang dapat menjual produk dalam jumlah banyak, dan melakukan inovasi produk dengan menambah rasa yang beragam untuk meningkatkan jumlah konsumen.

Keywords


Analisis konsumen akhir

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33021/firm.v6i2.1434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in FIRM: Journal of Management Studieshave been indexed in major research databases, including:


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.