WORK VALUES KARYAWAN LEMBAGA FILANTROPI ( ETNOGRAFI PADA LEMBAGA FILANTROPI ISLAM DI SEMARANG )

Endhar Priyo Utomo

Abstract


Pertumbuhan ekonomi mendorong munculnya Lembaga Filantropi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menginvestigasi work values pada karyawan Lembaga Filantropi Islam di Semarang serta pemahaman karyawan Lembaga Filantropi Islam terhadap konsep kerja dalam Islam, karena adanya perbedaan work values pada karyawan dalam industri yang sama. Penelitian ini dilakukan berdasarkan 5 aspek work values yaitu aspek instrumental, aspek cognitive, aspek social / altruistic, aspek prestige dan aspek work spiritual motivation.

Penelitian ini dilakukan pada karyawan Lembaga Filantropi Islam di Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi dengan harapan dapat menganalisis work values pada karyawan dengan budaya yang sama yaitu di Lembaga Filantropi.

Temuan dari wawancara menunjukkan bahwa aspek yang paling berpengaruh bagi work values karyawan Lembaga Filantropi Islam adalah aspek work spiritual motivation. Terlihat bahwa dalam aspek lain seperti aspek instrumental, cognitive, social/altruistic dan prestige juga terdapat sisi spiritual yang dirasakan dan dialami oleh karyawan ketika bekerja. Hal tersebut memberikan pengaruh pada sikap dan perilaku karyawan Lembaga Filantropi Islam.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/exp.v2i1.574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Articles in Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi have been indexed in major research databases, including:

Scilit logo

 

 

Supported by: