Pengaruh Program Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT Aqua Golden Mississippi

RM Yohanes Brahmaputra, Nia Sarinasiti

Abstract


Di tengah sengitnya persaingan antar perusahaan di era global ini, perusahaan dituntut untuk tidak hanya mencari keuntungan semata, namun juga untuk memberikan timbal balik kepada masyarakat dan lingkungan. Pada prakteknya, program corporate social responsibility selain digunakan untuk mengkomunikasian nilai yang dianut oleh perusahaan, juga dapat menjadi sarana untuk promosi dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh program corporate social responsibility yang dijalankan PT. Aqua Golden Mississippi terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui survei dan analisis deskriptif. Variabel independen pada penelitian ini adalah program corporate social responsibility dengan keputusan pembelian konsumen sebagai variabel dependen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 200 orang yang merupakan konsumen air minum AQUA berusia 21 tahun ke atas. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner secara online. Teknik Analisis data menggunakan korelasi pearson’s product moment, mean score, dan analisis regresi liner sederhana. Hasil terakhir yang diperoleh adalah corporate social responsibility memiliki hubungan sebesar 43,8% dengan persentase keragaman variabel keputusan pembelian konsumen sebesar 23,3% dapat dijelaskan oleh variabel program corporate social responsibility, dan berdasarkan persamaan regresi, terbukti memiliki pengaruh yang cukup besar untuk dapat diabaikan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Assael, Henry. (1984). Consumer Behavior and Marketing Action. Boston: Kent Publishing Company.

Elkington, John. (1997). Cannibals with Forks – The Triple Bottom Line of 21st Century Business. Oxford: Capstone Publishing Ltd.

Engel, James F., Blackwell, Roger D., dan Miniard, Paul W. (1995). Consumer Behavior. Florida: Dryden Press.

Kotler, Philip., dan Armstrong, Gary. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob Sabran M.M. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., dan Nancy, Lee. (2006). Corporate Social Responsibility: Doing The Most Good for Your Company and Your Cause. New Jersey: Hoboken.

Kresna, Mawa (25 Oktober 2016). Asal Muasal Air Minum Kemasan di Indonesia. Diakses tanggal 28 September 2018 https://tirto.id/asal-muasal-air-minum-kemasan-di-indonesiabXsv

Nugroho, Irham. (2016). Positivisme Auguste Comte: Analisa Epistemologis dan Nilai Etisnya Terhadap Sains. Jurnal Cakrawala Vol. XI No. 2 tahun 2016.

Schwab, Klaus. (2016). The Fourth Industrial Revolution. London: Penguin Books Ltd.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibisono, Yusuf. (2007). Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Gresik: Fascho Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


President University Communication Studies

Jalan Ki Hajar Dewantara Jababeka, Cikarang, Bekasi 17550

Ph. (021) 8910 9762-63; Fax (021) 8910 9768; E-mail: shihab@president.ac.id