Meningkatkan Kemandirian Pembelajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Sumber Daya Berbasis Web di SMA Bodhisattva Bandar Lampung

Andrias Yulianto, Lerissa Daniela

Abstract


Salah satu tantangan bagi setiap pengembang kursus, pendidik, pelatih, dan banyak penyedia pendidikan lainnya adalah menjadikan siswa belajar secara mandiri atau otonom. Hal ini dilakukan dengan membuat materi yang berkualitas dengan tentunya penggunaan metode mengajar yang menyenangkan dengan strategi, model pengajaran, dan pendekatan yang paling berguna bagi kelas mereka. Salah satu model pengajaran yang dapat meningkatkan kemandirian pembelajar adalah melalui pemanfaatan dan integrasi teknologi. Untuk itu studi ini berupaya untuk mengeksplorasi manfaat potensial dari transisi menuju pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menggunakan teknologi web-based resources untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris dan kinerja akademik secara keseluruhan. Penelitian ini melaporkan hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan di SMA Bodhisattva dengan objek penelitiannya adalah 15 siswa kelas IX. Kegiatan PKM ini dilakukan secara daring menggunakan media Zoom. Web-based resource utama yang digunakan bersumber dari allthingstopics.com. Adapun hasil yang dapat disimpulkan dalam penelitian ini adalah siswa lebih antusias karena mereka dapat berinteraksi dengan teknologi seperti ponsel dan laptop bahkan dalam lingkungan belajar. Selain itu, siswa di SMA Bodhisattva terlihat termotivasi untuk menjawab setiap pertanyaan dan kasus yang diberikan oleh guru secara akurat dan cepat ketika bekerja sama sebagai sebuah tim. Akibatnya, mereka secara efisien menyelesaikan pertanyaan yang diberikan, yang menunjukkan peningkatan produktivitas melalui kolaborasi yang efektif. Melalui pengalaman seperti itu, siswa menyadari bahwa belajar dapat menyenangkan jika tidak hanya bersifat wajib tetapi juga difasilitasi dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Arifah (2014). Study on the Use of Technology in ELT classroom: Teachers’ Perspective.Bangladesh: BRAC University.

Bahtiar, I., & Purnawarman, P. (2020, December). Investigating English teachers’ comprehension in Language Assessment Literacy (LAL). In 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020) (pp. 303-310). Atlantis Press.

Brown, Douglas H. Teaching by Principles. An Interactive Approach to Language Pedagogy. Second Edition. Longman, 2001

Çeker, E., & Özdaml, F. (2017). What" Gamification" Is and What It's Not. European Journal of Contemporary Education, 6(2), 221-228.

Chandra, V., & Watters, J. J. (2012). Re-thinking physics teaching with web-based learning. Computers and Education, 58(1), 631–640. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.09.010

Daniela, L., Yulianto, A., Rosari, M. D., & Lodong, A. F. (2023). Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris Melalui Pelatihan Pre-ESL Untuk Siswa SMA. ACADEMICS IN ACTION Journal of Community Empowerment, 5(1), 11-18.

Fan, Q., & Li, L. (2011). Web-based collaborative learning. Procedia Environmental Sciences, 11(PART A), 189–192. https://doi.org/10.1016/j.proenv.2011.12.029

Gonzalez, D., & St Louis, R. (2006). The use of web 2.0 tools to promote learner autonomy. Retrieved April, 30, 2009. https://doi.org/10.1016/S1047-8310(96)90015-2

Kassem, H. M. (2019). The Impact of Student-Centered Instruction on EFL Learners' Affect and Achievement. English language teaching, 12(1), 134-153.

Little, D. (1991) Learner Autonomy 1: Definitions, Issues and Problems. Dublin: Authentik.

Şenyuva, E., & Kaya, H. (2014). Effect self-directed learning readiness of nursing students of the web-based learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 386–392. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.217

Singh, N. (2011). Student-centered learning (SCL) in classrooms—A comprehensive overview. Educational Quest-An International Journal of Education and Applied Social Sciences, 2(2), 275-282.

Suryatiningsih, S. (2019). Fostering learner autonomy through web-based learning. TLEMC (Teaching and Learning English in Multicultural Contexts), 3(1), 15-19.

Susikaran, R.S.A. (2013). The Use of Multimedia in English Language Teaching. Journal of Technology for ELT, Volume 3(Issue 2). Retrieved November 1, 2014, from https://sites.google.com/site/journaloftechnologyforelt/system/app/pages/search?scope=sea rch-site&q=the use of multimedia in english language teaching.

Wang, M., Cheng, B., Chen, J., Mercer, N., & Kirschner, P. A. (2017). The use of web-based collaborative concept mapping to support group learning and interaction in an online environment. Journal of The Internet and Higher Education. doi: 10.1016/j.iheduc.2017.04.003

Yulianto, A., Sa'adah, L., & Indrayani, N. (2021). TECHNOLOGY AND PICTURES FOR NURTURING AUTONOMY AND ENHANCING PROFICIENCY: A STUDY OF PREPOSITIONS OF PLACE. International Journal of Literature and Language Studies, 1(1), 1-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/aia.v5i2.5089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andrias Yulianto, Lerissa Daniela


Articles in this journal have been indexed in major research databases, including:


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.