Pendampingan Pembelajaran untuk Anak Usia Dini Berbasis Lingkungan dengan Pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat

Huriah Rachmah, Eko Surbiantoro, Alhamuddin Alhamuddin, Lasmanah Lasmanah, Rudy Gunawan

Abstract


Salah satu tujuan kegiatan PKM Madrasah di Kecamatan Paseh adalah membantu mitra yang menghadapi permasalah prioritas. Permasalahan yang menjadi prioritas adalah kompetensi guru terutama sumber belajar yang kurang memadai terkait dengan tuntutan era 5.0. Berdasarkan pada permasalahan tersebut, dilakukan program pengabdian kepada masvarakat dengan tema pelatihan media pembelaiaran PAUD dengan pendekatan sains teknologi, dan masyarakat (PKM di Kecamatan Paseh Majalaya).  Kegiatan in bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang kompetensi guru terutama untuk guru dengan memberikan sumber belajar berbasis lingkungan, mampu berkolaborasi, kreatif serta mengajar secara komprehensif. Pelatihan penggunaan sumber pembelajaran PAUD dilaksanakan pada Februari 2023. Pelatihan dilakukan dengan metode pemberian materi dan evaluasi pelatihan dilakukan dengan mengadakan pretest dan posttest. Dari hasil pelatihan diketahui terjadi peningkatan pengetahuan peserta pelatihan terkait media pembelajaran sebelum dan sesudah pelatihan yaitu dari 64% menjadi 85%. Hal ini berarti terdapat signifikan antara pengetahuan peserta sebelum dan setelah pelatihan.


References


Arief, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Peningkatan Efektivitas Pendampingan Guru IPA di SMP se-Kota Gorontalo. Jurnal Entropi, 11(2), 226–231.

Christianti, M. (2015). Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2923

Dewiastri, A. R., & Mulyana, E. H. (2020). Keterampilan Mengomunikasikan Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 50–70.

Evariani, N. G. A. M. S., Kertih, I. W., & Haris, I. A. (2017). Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(1), 38–46. http://103.20.188.221/index.php/primary/article/view/144

Hijriati. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Januari – Juni, 1, 74–92.

Irwandi. (2017). Madrasah Diniyah dalam Konteks Globalisasi (Problematika dan Solusinya). Pionir, 6(1), 1–11. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/3348/2340

Juniantari, I. G. A. S. (2017). Pentingnya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 1–12.

Makarim, N. (2019). PAUD yang Ideal Menurut Mas Menteri. GTK PAUD Kemdikbud. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/paud-yang-ideal-menurut-mas-menteri

Marhamah. (2018). Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(2), 195–216. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah/article/view/183

Masnun, M. (2019). Pengembangan Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Desa Bababakan Kecamatan Losari Kabupaten

Brebes (KKN Tahun 2019). Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 27–39. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v1i1.5405

Muhria, L. (2020). Peran Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dalam Pembentukan Mental Anak Yang Berakhlakul Karimah. Journal Jendela Bunda, 8(1), 49–51.

Nasrul, N., Hasnah, S., & Dzakiah, D. (2022). Kompetensi Guru Di Era Society 5.0. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana, 1, 116–120. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1047%0Ahttps://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/download/1047/609

Rachmah, H. (2014). Peranan Saung Angklung Udjo sebagai Pelestari Budaya Sunda dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak. Bahasa, Sastra Dan Nasionalisme, 170–181.

Rachmah, H. (2021). Dinamika Kurikulum Indonesia. In https://www.canva.com/. https://www.canva.com/design/DAE7J_AI3PI/vZyWojLqkR4dBPhwt5cq4w/view#7

Rachmah, H., & Gunawan, R. (2020). Functions and Role of Social Studies Teachers in the Disruption and Abundance Era. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 404(Icossei 2019), 90–93. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200214.016

Sriwahyuni, E., & Nofialdi, N. (2017). Metode Pembelajaran Yang Digunakan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(1), 44–62. https://doi.org/10.21043/thufula.v4i1.2010

Tanu, I. K. (2019). Penggunaan Metode Mengajar Di Paud Dalam Rangka Menumbuhkan Minat Belajar Anak. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 14–19. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.733




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/aia.v5i2.4694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Huriah Rachmah, Eko Surbiantoro, Alhamuddin Alhamuddin, Lasmanah Lasmanah, Rudy Gunawan


Articles in this journal have been indexed in major research databases, including:


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.