Pengenalan Top Skills For Millennials 4.0 pada Siswa SMA: Fuzzy Control, Machine Learning, Internet of Things (IoT)

Mia Galina

Abstract


Evolusi teknologi mengubah dinamika bisnis dan industri, memunculkan berbagai teknologi baru yang memungkinkan bisnis dapat berjalan lebih efektif, efisien, dan  mampu menjawab tantangan masa depan. Teknologi berbasis control system dan Internet of Things (IoT) didukung jaringan komunikasi wireless memungkinkan sensor dan perangkat saling terkoneksi satu sama lain. Data-data hasil pengukuran setiap sensor dan perangkatpun dapat dikumpulkan, diolah, diproses dengan menggunakan konsep machine learning, serta dapat ditransfer dari satu titik ke titik lainnya. Hal ini memungkinkan data-data tersebut dapat digunakan perusahaan untuk melakukan monitoring operasional, melakukan troubleshoot  secara remote, serta membuat keputusan bisnis.  Dari sisi evolusi Industri 4.0 dan transformasi teknologi, kondisi ini memunculkan beberapa domain keilmuan dan keterampilan profesional baru. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi dan membantu siswa/i yang akan segera memasuki perguruan tinggi, mengenal pilihan jurusan dan keilmuan di bidang teknologi yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Selain itu informasi ini juga bermanfaat bagi kepala sekolah dan jajaran pimpinan,  serta guru-guru dalam mengembangkan  materi pembelajaran ataupun kegiatan extra kurikuler, agar sejalan dengan kebutuhan kompetensi yang dibutuhkan saat ini. Kegiatan dilaksanakan dengan sesi pemaparan materi, dilengkapi pembahasan beberapa contoh model kasus yang mudah dipahami oleh siswa/i tingkat SMA. Selain itu juga ada sesi demo perangkat yang disampaikan oleh mahasiswa Teknik Elektro Universitas Presiden. Melalui sesi demo ini, siswa/i diperkenalkan dan diberikan penjelasan project-project perangkat berbasis IoT dan kontrol yang dikembangkan mahasiswa. Hasil kegiatan PKM ini mendapat tanggapan positif dari peserta kegiatan dan menambah wawasan peserta mengenai keterampilan baru yang saat ini dibutuhkan industri.

Keywords


Kontrol Sistem, IoT, Machine Learning, Coding.

Full Text:

PDF

References


Al-Muslim, S. (2019). SMA AL MUSLIM #Digislami School. From Yayasan Al-Muslim: https://almuslim.sch.id/sma/

Al-Muslim, S. (2021, March 27). Sharing Session With President University. West Java.

Ellitan, L. &. (2019). The Impact Of Knowledge Management, Technology Readiness And External Environment On The Extent Of E-Business Adoption. International Journal Of Research Culture Society, Vol 3 (11), 63-69.

Ellitan, L. (Desember 2020). Competing in the Era of Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0. Maksipreneur Manajemen Koperasi dan Entrepreneurship, 10(1), 1-12. doi:10.30588/jmp.v10i1.657

Galina, M. (2021, March 27). Introduction to Connecting the Unconnected with the Internet of Things: Opportunities and Challenges for Millennials.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/aia.v3i2.3373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mia Galina


Articles in this journal have been indexed in major research databases, including:


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.