Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Pokdarwis Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Desa Wisata di Desa Sukajadi Bogor

Riani Prihatini Ishak, Maidar Simanihuruk

Abstract


Adanya peningkatan minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara terhadap desa wisata perlu dibarengi dengan adanya peningkatan sumber daya manusia dalam hal berkomunikasi, khususnya komunikasi dalam Bahasa Inggris sebagai Bahasa yang paling banyak digunakan sebagai penghubung antara wisatawan dengan para pelaku wisata. Masyarakat sebagai tuan rumah di desa wisata harus diperlengkapi dengan keampuan berbahasa Inggris yang baik.  Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah memberikan pelatihan untuk membantu kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Sukajadi di Kecamatan Tamansari Bogor dalam meningkatkan kemampuan komunikasi Bahasa Inggris khusus untuk wisata.  Berdasarkan wawancara yang dilakukan sebelum program ini dimulai, masyarakat Desa Sukajadi secara keseluruhan masih belum memiliki kemampuan yang baik dalam menggunakan Bahasa Inggris untuk kepentingan wisata. Untuk memecahkan masalah tersebut salah satu solusi tercepat adalah melalui metode pelatihan atau kursus menggunakan Bahasa Inggris praktis, yakni dengan berlatih / praktek langsung keterampilan menggunakan bahasa Inggris dalam berinteraksi dengan tamu, menjelaskan potensi wisata alam atau pertanian, menjelaskan akomodasi, dan fasilitas pelengkap pariwisata. Secara umum berdasarkan analis hasil kuesioner yang diberikan kepada peserta pelatihan, tidak ada kendala maupun kesulitan yang dihadapi dalam mengikuti pelatihan ini, pokdarwis dan kepala desa merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini dan sebagian besar peserta dapat memahami semua materi yang telah diberikan dengan baik. Peserta juga menyadari akan pentingnya memperdalam kemampuan berbahasa Inggris terutama keterampilan berbicara (speaking skill).

Keywords


Pelatihan Bahasa Inggris, Pokdarwis, Desa Wisata, Desa Sukajadi Bogor,

Full Text:

PDF

References


Aliyah, Istijabatul dan Yudana, Galing serta Sugiarti, Rara. (2020). Desa Wisata Berwawasan Ekobudaya: Kawasan Wisata Industri Lurik. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Br. Simanungkalit, Victoria dan Sari, Anna, Desty. (2019). Buku Panduan Pengembangan Desa Wisata Hijau. Jakarta: Deputi Urusan Ketenagalistrikan dan Aneka Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Damanik, Phil Janianton. (2013). Pariwisata Indonesia antara Peluang dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hamzah, Any Suryani, dan Muhammad Irfan. (2018). Tourism Village Expansion in the

Concept of Sustainable Tourism. Lombok: Universitas Mataram.

Herawati, A., Purwaningsih, A., & Handharko, Y. D. (2018). Promoting village tourism through the development of information systems. Review of Integrative Business and Economics Research. 7(1), 221-236.

Irfan, M., & Suryani, A. (2017). Local wisdom based tourist village organization in Lombok tourist area. International Journal of English Literature and Social Sciences (IJELS).

Iriance, I. (2018). Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Lingua Franca dan Posisi Kemampuan Bahasa Inggris Masyarakat Indonesia Diantara Anggota MEA. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar

Johnson E.B. (2002). Contextual Teaching & Learning, What it is and why it’s here to stay. California: Corwin Press, Inc.

Manuela, Elena. (2012). Urban Cultural Tourism and Sustainable Development Vol1 No.1. International Journal for Responsible Tourism 1.1. Hal 41.

Marpaung, Happy. (2002). Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alfabet

Nuryanti, Wiendu. (1993). Concept, Perspective and Challenges, Laporan Konperensi Internasional Mengenai Pariwisata Budaya. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada

Rahim, F. (2012). Buku Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Kementrerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Suryawan, A. (2016). Peran Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Sendang Arum Dalam Pengembangan Potensi Pariwisata (Studi Kasus Di Desa Wisata Tlahap Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung). Journal Elektronik Mahasiswa PLS. 5 (6), 143-152.

Suwena, Widyatmaja. 2017. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Penerbit Pustaka Larasan, Bali.

T. C., Joseph & Munghate, R. G. (2012). Role of English Language In Travel & Tourism (pp.220-227) Publisher: Sanjay Thakre ,Shri. Sahitry Kendra , Nagpur.

Utama, I Gusti Bagus Rai. (2014). Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish.

https://www.neliti.com/publications/239220/local-wisdom-based-tourist-village-organization-in-lombok-tourist-area

https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/1149

http://ejournal.unesa.ac.id/kajian-tentang-kesiapan-desa-margomulyo /2013

https://www.researchgate.net/publication/330555468_Role_of_English_in_Travel_Tourism_Hospitality_Industry




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/aia.v3i1.1600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maidar Simanihuruk, Riani Prihatini Ishak


Articles in this journal have been indexed in major research databases, including:


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.