Perencanaan Ulang Rem Cakram Roda Depan Pada Motor Honda Scoopy ESP FI 110cc Tahun 2017

Muhammad Rizqi Banuaji

Abstract


Salah satu alat yang sangatlah penting dan vital dalam sebuah kendaraan adalah rem. Rem adalah perangkat mekanis yang menghambat gerakan dengan menyerap energi dari sistem yang bergerak [1]. Rem cakram mempunyai beberapa komponen primer yaitu piringan cakram, master rem, piston, selang rem, kaliper rem, & kampas rem. Rem cakram bekerja menggunakan menjepit piringan cakram yg umumnya dipasangkan dalam roda kendaraan, buat menjepit piringan cakram dipakai kaliper yg digerakkan sang piston buat mendorong sepatu rem (brake pads) ke piringan cakram. Oleh lantaran itu, perancangan & perhitungan dalam sistem rem cakram sangat penting agar memenuhi kriteria yg diperlukan dan bisa mengetahui keamanan dalam sistem rem tersebut, tetapi tidak mengabaikan segi ekonomisnya. Pada paper ini kajian difokuskan pada perhitungan besar gaya yang di transmisikan pada setiap proses pengereman dan juga menghitung umur dari kampas rem cakram pada motor honda scoopy ESP FI 110cc tahun 2017. Hasil dari paper ini memperoleh gaya tangan (Ftangan ) sebesar 15,14 Kgf, gaya piston (Fpiston ) sebesar 31,81 Kgf, gaya tekan piston pada kampas (F) sebesar 203,66 Kgf(2 kampas), gaya pengereman (𝑃𝑣 ) sebesar 69,71 Kgf. Dari hasil akhir yang di dapat dari perhitungan umur kampas rem cakram motor Honda Scoopy ESP FI 110cc yaitu selama 800 jam. Jika diasumsikan pemakaian kendaraan rata-rata 3 jam perhari, maka umur kampas rem cakram bisa bertahan selama 8,8 bulan.


Keywords


elemen mesin

Full Text:

PDF

References


V. B. Bhandari, Design of Machine Elements, third ed., Tata Mcgraw-hill, pune, 2010.

Y. Chan, 2010. PDF. Teori Dasar Rem. (https://yefrichan.files.wordpress.com

/2010/05/teori-dasar-rem.pdf, diakses 20 Maret 2019).

A. N. Akhmadi, Pengaruh Pengereman Terhadap Kecepatan Mobil Listrik

Tuxuci 2.0 dengan Rem Cakram Double Piston, Jurnal Teknik Mesin, 4(2):83-

, 2015.

G. Niemann, Machine Element, Volume II, K. Lakshminarayana, M. A.

Parameswaran, & G. V. N. Rayudu, New York, 1978.

Subhan Diki Setyo Bakti ST, Ir.Melya D.Sebayang S.Si, Prinsip Kerja Rem Disc Brake Dan Perawatannya. (2012) 6.

Gatot Soebiyakto, Pengaruh Jenis Kanvas Rem dan Pembebanan Pedal Terhadap Putaran Output Roda dan Laju Keausan Kanvas Rem pada Sepeda Motor. (2015) 5.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/jmem.v6i1.1466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License