ANALISA KELAYAKAN BISNIS TAS TENUN HERITAGE DI BOGOR

Sonny Sonny, Muhamad Surya Prabawa

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan analisis kelayakan bisnis tas tenun ikat merek Heritage di Bogor. Analisa kelayakan terdiri dari dua analisa, yaitu analisis industri dan perencanaan keuangan. Industri akan dianalisa menggunakan SWOT analysis. Dari sisi keuangan, akan dianalisa menggunakan Return on Asset (ROA) dan Payback Period (PP). Perhitungan ROA didapatkan hasil 33%, menghasilkan laba bersih positif sebesar Rp. 96,232,321 ; PP dalam jangka waktu 3,1 tahun. Kesimpulan penelitian ini dari aspek industri dan finansial, bisnis Heritage ini layak untuk dijalankan.

 

ABSTRACT

This study is an business feasibility of Heritage’s brand woven bag business in Bogor. The feasibility consists of two analysis, namely industrial analysis and financial planning. The industry will analyze using SWOT analysis. From the financial side, it will be analyzed using Return on Assets (ROA) and Payback Period (PP). ROA calculation results obtained 33%, resulting in a positive net profit of Rp. 96,232,321; and PP for a period of 3.1 years (less than 5 years). The conclusion of this research from the industrial and financial aspects, the Heritage woven bag business is feasible to run.

 


Keywords


Kelayakan bisnis, aspek keuangan, tingkat pengembalian aset

Full Text:

PDF

References


ASF Commercial. (2019). How Millennials Are Shaping the Dining Experience. ASF Commercial.

Badan Pusat Statistik. (2019). Persentase Penduduk Miskin Maret 2019 Sebesar 9,41 Persen. Retrieved from Badan Pusat Statistik : https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/07/15/1629/persentase-penduduk-miskin-maret-2019-sebesar-9-41persen.html

Badan Pusat Statistik. (2019). Profil Kemiskinan di Indonesia Maret 2019. Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. (2017). Jumlah Penduduk dan Rasio Jenis Kelamin Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi DKI Jakarta. Retrieved from Badan Pusat Statistik Provinsi DKI jakarta: https://jakarta.bps.go.id/statictable/2017/01/30/137/jumlah-penduduk-dan-rasio-jenis-kelamin-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-dki-jakarta-2015.html

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. (2018). PDRB Provinsi DKI Jakarta Atas Dasar Harga Berlaku Menurut Lapangan Usaha 2008-2018. Retrieved from Badan Pusat StatistikProvinsi DKI Jakarta: https://jakarta.bps.go.id/dynamictable/2018/08/29/36/pdrb-provinsi-dki-jakarta-atas-dasar-harga-berlaku-menurut-lapangan-usaha-2008-2018-juta-rupiah-.html

C. Senduk, D., P. E. Saerang, D., & Lambey, L. (2016). The Influence of Restaurant Ambience and Service Quality on Customer Satisfaction. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.

Grab. (2019). What GrabFood data tells us about Southeast Asia’s love for food. Retrieved from Grab: https://www.grab.com/sg/blog/everyone-loves-fried-chicken-bubble-tea/ 96

Hootsuite. (2019). Digital 2019 Indonesia. Retrieved from Sldeshare.net: https://www.slideshare.net/DataReportal/digital-2019-indonesia-january-2019-v01

Ibrahim, M. M. (2016). Implementasi Event dan Experience dalam Menarik Minat Pengunjung Kafe.

Kompas.com. (2017). Pemerintah Terus Motivasi Pemuda untuk Jadi Wirausahawan. Retrieved from Kompas.com: 97

https://money.kompas.com/read/2017/02/11/182714126/pemerintah.terus.motivasi.pemuda.untuk.jadi.wirausahawan

Kompas.com. (2018). Jokowi Sebut Peringkat Kemudahan Mendirikan Usaha di Indonesia Naik Drastis. Retrieved from Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2018/11/27/10565751/ jokowi-sebut-peringkat-kemudahan-mendirikan-usaha-di-indonesia-naik-drastis

Mix Marketing Communication. (2017). Ini Bukti Mengapa Media Cetak Masih Diminati. Retrieved from Mix Marketing Communication: https://mix.co.id/marcomm/brand-insight/research/ini-bukti-mengapa-media-cetak-masih-diiminati/

Pamungkas, B. A., & Zuhroh, S. (2016). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi Trunojoyo. 98

Tirto.id. (2017). Ke Mana Mengalirnya Uang Para Milenial? Retrieved from Tirto.id: https://tirto.id/ke-mana-mengalirnya-uang-para-milenial-cv76 Venny Wilianto, N. M. (n.d.).

Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajement Jasa.

Wilianto, V., Santoso, N. M., & Siaputra, H. (2017). Pengaruh Physical Environment Terhadap Customer Satisfaction yang membentuk Behavioral Intention di Domi Deli Restaurant. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.33021/firm.v6i2.1458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Articles in FIRM: Journal of Management Studieshave been indexed in major research databases, including:


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.